Prasetya Online

>

Berita UB

BIW UB Dorong Munculnya Wirausaha Muda

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 15 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 564

Tim dari UB Bersama Tim dari GITA Project
Tim dari UB Bersama Tim dari GITA Project

Badan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIW UB) mendorong munculnya wirausaha muda melalui “Partnership 5 Growing Indonesia - A Triangular  Approach” (GITA Project), Rabu (15/4/2019)

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am. drh mengatakan, pembinaan kewirausahaan ini merupakan salah satu strategi agar UB menjadi World Class Entrepreneur University.

Disisi lain, Yudo menjelaskan salah satu tujuan GITA Project ini yakni untuk membentuk BIW yang lebih menghasilkan dengan cara berbagi pengalaman yang dimulai dengan pelaksanaan Training of Trainer (ToT) mengenai cara membangun inkubator bisnis yang diikuti oleh 7 universitas di Indonesia yang tergabung dalam GITA Project dan selanjutnya dilaksanakan meeting di Jakarta, Jogjakarta, Eropa, dan kali ini UB dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara menjadi tuan rumah meeting kelima.

Beberapa waktu lalu BIW UB melaksanakan pameran produk wirausaha mahasiswa UB yang diikuti oleh 10 tenant yang telah  menunjukkan kemajuan tenant melalui proses inkubasi bisnis.

Yudo menambahkan pada tahun ini BIW juga memiliki program Young Entrepreneur Brawijaya (YEB) yang akan didanai oleh UB dan selanjutnya akan diikutkan dalam kompetisi PPBT Kemenristekdikti tahun  2020.

“Harapannya dengan adanya YEB yang merupakan program BIW ini kami dapat mendampingin para young entrepreneur Brawijaya menjadi entrepreneur handal dengan membantu mengembangkan bisnis tersebut dengan mendatangkan konsultan maupun pendampingan dalam hal izin edar untuk komersialisasi produk” pungkasnya.

GITA project didanai oleh Erasmus dan Program Uni Eropa  yang diikuti oleh beberapa universitas dari Eropa, seperti Dublin Institute of Technology, Universitat Innsbruck, University of Gloucestershire, Fachhochschule des Mittelstands serta beberapa universitas di Indonesia diantaranya adalah Universitas Brawijaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Ahmad Dahlan, President University, serta Universitas Negeri Semarang.

Diawal acara, pihak BIW sebagai tuan rumah terlebih dahulu mengajak para peserta dari 11 universitas untuk meninjau kantor BIW yang mana tempat tersebut diperuntukkan untuk penjualan produk beberapa tenant yang telah lolos pendanaan Perusahaan Pemula Bagi Teknologi (PPBT) Kemenristekdikti dan juga terdapat coworking space sebagai sarana untuk berdiskusi dalam rangka meningkatkan jiwa wirausaha civitas Universitas Brawijaya.

Acara dilanjutkan opening ceremony serta meeting di lantai 10 Gedung Layanan Bersama UB yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am. drh. Des, Ketua BIW Dr. Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, MS., serta Koordinator Penerimaan Mahasiswa Internasional IO UB Devanto Shasta Pratomo, SE., M.Si., PhD.[Dita/Vida/Humas UB]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID