Prasetya Online

>

Berita UB

BAN-PT: UB Terakreditasi A

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 13 Februari 2009 | Komentar : 0 | Dilihat : 11461

Jumpa Pers Akreditasi UB
Jumpa Pers Akreditasi UB
Universitas Brawijaya terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini sesuai dengan isi Surat Keputusan BAN-PT No: 015/BAN-PT/Ak-II/Inst/I/2008 tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. SK ini ditandatangani oleh Ketua BAN-PT, Kamanto Sunarto, yang ditetapkan di Jakarta pada Sabtu (10/1) silam. Demikian pernyataan Rektor Prof. Dr. Ir Yogi Sugito yang disampaikan dalam jumpa pers Jumat (13/1) siang di ruang kerjanya.
Lebih jauh Rektor mengungkapkan, nilai akreditasi tahun 2008 ini meningkat menjadi 363. Tahun lalu, nilai akreditasi itu hanya 358. "Peningkatan nilai dari akreditasi ulang ini memposisikan UB menjadi terakreditasi A. Lebih baik dari setahun sebelumnya yang hanya terakreditasi B", ujar Rektor. Penilaian akreditasi ulang ini dilakukan oleh para asesor dari ITB, UGM, IPB, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, dan Universitas Diponegoro. Terdapat tujuh parameter penilaian dalam akreditasi ini, yakni: visi dan misi; tatapamong; kemahasiswaan dan lulusan; sumber daya manusia; pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama; pendanaan, sarana dan prasarana; sistem penjaminan mutu dan manajemen informasi. "Dari tujuh parameter ini, enam di antaranya UB mendapatkan nilai A, dan hanya satu yang mendapat nilai B yaitu parameter SDM", ujar Rektor.
Menurut Rektor, ada beberapa manfaat yang akan diperoleh UB dengan akreditasi ini, seperti: wewenang untuk membina perguruan tinggi lain. Berkaitan dengan hal ini, UB mendapat kewenangan untuk membina perguruan tinggi di wilayah Malang Raya, Kota Batu dan Blitar. Selain itu, manfaat besar lain dirasakan oleh lulusan. "Saat ini ada beberapa instansi/perusahaan besar yang mempersyaratkan para pelamar kerjanya berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi A", ujar Rektor. Hal ini menurut Rektor, akan mengurangi ketatnya persaingan, karena perguruan tinggi yang terakreditasi A di Indonesia kurang dari sepuluh. Selain pengakuan nasional, saat ini UB juga mengantongi beberapa pengakuan internasional di antaranya peringkat 41 Asia Tenggara versi Webometrics serta peringkat 500+ versi Times Higher Education Supplement (THES). [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID