Prasetya Online

>

Berita UB

Ayo Dolanan: Mengangkat Eksistensi Permainan Tradisional Melalui Pameran

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetyafib pada 07 Mei 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 767

Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FIB UB bersama Anak-anak TK Putera Zaman
Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FIB UB bersama Anak-anak TK Putera Zaman
Mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) angkatan 2016 kembali mengadakan Mini Exhibition dengan tajuk 'Ayo Dolanan' bekerja sama dengan TK Putera Zaman di kota Malang. Pemilihan kata 'dolanan' yang saat ini menjadi langka bagi anak-anak dimaksudkan sebagai ajakan bermain secara fisik dan berinteraksi dengan teman sebaya, melakukan aktivitas menyenangkan dengan mainan tradisional.

Sebagai respon atas fenomena anak-anak di era milenial, diharapkan pameran "Ayo Dolanan" ini dapat mengangkat kembali eksistensi permainan tradisional, serta mengedukasi pentingnya permainan tradisional dalam perkembangan anak.

Pameran diselenggarakan di Gedung Dewan Kesenian Malang (DKM), Jl. Majapahit No.3 Malang. Terdapat kurang lebih 25 karya wayang hasil tangan dari anak-anak TK Putera Zaman, dan juga beberapa karya instalasi berupa permainan tradisional mulai dari ketapel, layang-layang, kelereng, dakon, dan sebagainya.

Pengemasan acara dan pameran dibuat menyesuaikan psikologi anak-anak yang cenderung lebih cepat jenuh dan tidak fokus, sehingga disematkan hiburan berupa Teater Anak, Dongeng Anak, Akustik Bersama, dan Performance Art. Selain pameran bersama diadakan pula workshop puppet teater dan paperclay yang dihadiri oleh beberapa TK di Kota Malang, pelajar, dan juga masyarakat umum. Pameran diselenggarakan pada (5-8/5/2019) dan update kegiatan dapat disimak di instagram: @ayokitadolanan. (PS.Seni/DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID