Prasetya Online

>

Berita UB

Asesor AUN QA Visitasi UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 24 Agustus 2016 | Komentar : 0 | Dilihat : 3084

Rektor dan jajarannya menerima visitasi AUN-QA
Rektor dan jajarannya menerima visitasi AUN-QA
Rombongan asesor AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) melakukan visitasi ke Universitas Brawijaya (UB) selama tiga hari (23-25/8/2016). Visitasi dilakukan terkait sertifikasi AUN-QA pada tiga program studi. Ketiga program studi tersebut adalah S1 Administrasi Publik FIA, S1 Teknologi Industri Pertanian FTP serta S2 Biomedik FK.

Rombongan yang dipimpin Executive Director AUN Assoc. Prof. Nantana Gajaseni, PhD mengikutsertakan enam orang tim asesor. Meliputi Assoc. Prof. Dr. Chavalit Wongse-ek dan Dr. Julita Robles yang merupakan tim asesor pada Program Studi S-1 Administrasi Publik serta Assoc. Prof. Dr. Tan Kay Chuan dan Assoc. Prof. Dr. Le Quang Minh yang merupakan tim asesor pada Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian. Dua asesor pada Program Studi Magister Biomedik adalah Assoc. Prof. Dr. Yahaya Md. Sam dan Asst. Prof. Dr. Thasaneeya Ratanaroutai Nopparatjamjomras.

Salah satu asesor AUN-QA saat mengunjungi perpustakaan UB
Salah satu asesor AUN-QA saat mengunjungi perpustakaan UB
Menyambut visitasi ini, Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS menyatakan bahwa Universitas Brawijaya (UB) memiliki visi sebagai perguruan tinggi bermutu dan bereputasi menuju World Class Entrepreneurial University (WCEU). AUN-QA menurutnya merupakan upaya untuk memenuhi standar mutu di tingkat ASEAN, untuk selanjutnya menuju visi berdaya saing Asia pada 2020.

Ada 15 standar mutu AUN-QA diantaranya strategi belajar dan mengajar, spesifikasi program, kualitas dosen, kualitas tenaga kependidikan, infrastruktur, serta kualitas mahasiswa. Beberapa program studi yang telah memiliki sertifikat AUN-QA adalah Biologi FMIPA, Keteknikan Pertanian FTP serta Ekonomi Pembangunan FEB. Dengan perolehan sertifikasi tersebut, Rektor Bisri berharap ada implementasi nyata sehingga tidak hanya menjadi persyaratan formal.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng, PhD. Dalam penjelasannya, Sonny demikian ia disapa, menyampaikan bahwa sertifikat AUN-QA merupakan pernyataan bahwa UB sejajar dengan perguruan tinggi lain di ASEAN. "Ini menjadi langkah awal untuk mendapat pengakuan dan memperoleh sertifikasi lebih tinggi di tingkat Asia bahkan dunia," kata dosen Teknik Sipil ini.

Visitasi ke-UB kali ini merupakan visitasi ke-65 AUN-QA. Menurut Sonny, pada tahun 2016 ini saja, AUN-QA telah melakukan 20 kali visitasi ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti ITB, UI, UGM, ITS dan Unair. Pada Bulan November mendatang, menyusul tiga program studi UB yang akan divisitasi yakni Program Studi S1-Peternakan, Program Studi S-1 Hukum serta Program Studi S-1 Teknik Pengairan. Terkait visitasi AUN-QA, PJM UB melakukan pendampingan kepada program studi bersangkutan melalui Self Assessment Report (SAR/Laporan Evaluasi Diri). [denok/Humas UB]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID