Prasetya Online

>

Berita UB

Aneka Kegiatan Pusat Kajian Sistem Pertanian Organik

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 06 Juni 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 1820

Pusat Kajian Sistem Pertanian Organik (PK-SPO) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, 29 Juni 2005 mendatang genap berusia 1 tahun. Tetapi sebenarnya, aktivitas pusat kajian tersebut sudah berlangsung sejak Mei 2002.
Koordinator pusat kajian ini, Dr. Ir. Lily Agustina, mengungkapkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan PK-SPO FP Unibraw, paling tidak selama 6 bulan terakhir.
Pada akhir tahun lalu (8-9 Desember 2004), bekerja sama dengan Mahorinas (Mahasiswa Organik Nasional), Maporina (Masyarakat Pertanian Organik Nasional), dan Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, PK-SPO mengadakan Pelatihan dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional I di Universitas Brawijaya.
Bersama IAAS (International Association of Agriculture Students), pada 23 Februari 2005, PK-SPO menyelenggarakan forum pertemuan bertema "Global Warning in Agricultural Field, Agriculture in Globalization" sebagai bagian dari Third IAAS Asia-Paciiific Regional Meeting (APRM) di Universitas Brawijaya.
Pada bulan April, PK-SPO mengadakan sosialisasi pertanian Ramah lingkungan untuk kalangan pondok pesantren. Dalam hal ini Pondol Pesantren Sidogiri, Pasuruan (3 April 2005).
Pada bulan yang sama, Dr. Lily Agustina mewakili PK-SPO mengikuti Workshop on Design The Rural Investment Climate Assesment yang diselenggarakan oleh World Bank di Hotel Hilton, Jakarta, 11 April 2005.
Pada bulan Mei, PK-SPO mengikuti Pekan Agribisnis Nasional yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia, di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, 9 Mei 2005.
Selain itu, pada bulan yang sama, Koordinator PK-SPO Dr. Lily Agustina, memberikan pengantar arahan pada kegiatan Organik Agro Tour Fakultas Ekonomi, di Desa Sumberrejo dan Tulung-rejo, Batu. Kegiatan pada 14 Mei 2005 ini dilaksanakan sebagai kerja sama PK-SPO dengan Mahorinas dan CV Citra Barokah Sejahtera, dan Masyarakat Madani.
Pada akhir Mei, bekerja sama dengan LSM-JKTI (Jaringan Kearifan Tradisional Indonesia), PK-SPO mengadakan forum diskusi dan sosialisasi rumusan Eighth Session WIPO (World Intellectual Property Organization) tentang Protecton of Traditional Cultural Expressions/Expressions of Folklore: Resived Objective and Principles dan Protection of Tradisional Knowledge: Resived Objective and Priciples, di Universitas Brawijaya, 30 Mei 2005.
Sementara itu, sebagai kegiatan rutin setiap hari Sabtu pukul 08.00-09.00, PK-SPO mengadakan siaran radio yang dikemas dalam tajuk "Agrivoice, Suara Pertanian Ramah Lingkungan" melalui Radio Andalus FM. Untuk menjaga kontinuitas dan variasi siaran, Dr. Lily Agustina mengimbau kepada peminat siaran tersebut untuk menyumbangkan pokok pikiran dan pengalamannya, dengan menghubungi KP-SPO melalui nomor HP 08121644014 (a.n. Aziz) atau 081803190250 (a.n. Ilma). [Far]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID