Prasetya Online

>

Berita UB

85 Tendik dan Tenaga Kependidikan Ikuti Ujian Sertifikasi Pengadaan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 07 Desember 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 235

Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
Biro Umum dan Kepegawaian (BUK) kembali menggelar ujian sertifikasi ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi tenaga pendidikan dan kependidikan di gedung TIK lantai 4, Sabtu (02/12/2017).

Wakil Ketua pelaksana kegiatan Arif Hidayat, S. Kom, M.M mengatakan tujuan diadakannya kegiatan tersebut antaralain untuk memberikan pemahaman terkait barang dan jasa sekaligus menambah jumlah ahli pengadaan barang dan jasa di UB.

"Para peserta yang mengikuti ujian ini harus mempunyai pengalaman di bidang pengadaan minimal dua tahun dan mengikuti pelatihan minimal 30 hingga 50 jam pembelajaran terlebih dahulu. Dari 127 orang yang mengikuti pelatihan, ada 85 orang yang mengikuti ujian. 42 orang yang mengikuti pelatihan sudah pernah mengikuti ujian. Jadi tidak bisa mengikuti ujian lagi," kata Arief.

Bagi para peserta ujian yang lulus akan mendapat sertifkat sebagai pelaksana barang dan jasa yang berlaku seumur hidup.

"Dengan diadakannya pelatihan dan ujian tersebut diharapkan ada pemahaman bersama terkait pengadaan barang dan jasa ," kata Arief.

Dalam kegiatan tersebut, BUK bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) sebagai pengawas dan pembuat soal.

Ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa tersebut harus diikuti oleh kelompok Kerja (Pokja) unit layanan pengadaan dan pejabat pembuat kebijakan pengadaan barang dan jasa.

Hal ini sesuai dengan Perpres No.54 tahun 2010 dalam Pasal 1 angka 19 yang mengatakan bahwa ujian sertifikasi sebagai tanda bukti pengakuan atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah yang merupakan persyaratan seseorang untuk diangkat sebagai pengguna barang/atau jasa atau panitia/pejabat pengadaan.

"Di UB sendiri kami mengadakan ujian sertifikasi setiap satu tahun sekali. Harapannya semua tenaga kependidikan dan tenaga pendidik di UB bisa mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat," kata Arief. [oky dian/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID