Prasetya Online

>

Berita UB

70 Tahun Pengabdian Masruchin Ruba'i

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 12 Februari 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 240

 Prof. Masruchin Ruba'i, S.H.,M.S
Prof. Masruchin Ruba'i, S.H.,M.S
Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar penegak hukum menegakkan hukum yang berkeadilan. Menurut  pasal 24 ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi kekuasaan kehakiman  merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan  hukum dan keadilan. Dari pasal tersebut dapat disimpulkan bahwa hukum merupakan suatu hal yang esensial dan tidak boleh diabaikan oleh  penegakan hukum. "Kita tidak boleh membicarakan hukum hanya sampai wujudnya saja suatu bangunan formal, tetapi ita harus melihatnya sebagai ekspresi cita-cita keadilan masyarakat" ujarnya.

Inilah yang disampaikan Prof. Masruchin Ruba'i, S.H.,M.S saat menyamapaikan orasi ilmiahnya, Senin (04/02/2019). Penyampaian orasi ini ditujukan dalam rangka 70 tahun pengabdian Masruchin yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof.Dr Muhadjir Effendi M.A.P, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Prof.Drs. H Abdul Malik Fajar M.Sc, Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S., Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya  Dr Rachmad Safa'at, SH., M.Si beserta jajaran, dan keluarga besar Prof. Masruchin.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan perkembangan Masruchin dalam kinerja maupun keilmuan sangat berkembang pesat. Hal tersebut terlihat sejak menjabat sebagai Dekan FH pada 1995-2001 hingga mendapat gelar sebagai guru besar bidang hukum pidana dan sampai saat ini.

Disisi lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendi pada saat sambutan mengungkapkan rasa bangganya kepada Maruchin yang dulunya adalah sebagai mentornya pada saat menjadi mahasiswa. "Banyak yang ditanamkan oleh Prof. Masruchin baik dalam hal menyiapkan generasi penerusnya di Universitas Brawijaya. Prof Masruchin ini sangat fundamentalis dan agamis"tuturnya. Muhadjir juga mendoakan atas bertambahnya usia Masruchin semoga panjang umur, sehat selalu, dan bisa terus membimbing generasi penerusnya sebagai penegak hukum yang adil.

Masruchin dikenal sebagai pribadi yang konsisten, jujur, sangat agamis, serta organisatoris pada masa kuliah oleh para sahabat. Ia menuangkan ilmunya pada sebuah buku karyanya yang berjudul Bunga Rampai Kajian Hukum Nasional yang Islami. Diakhir orasi ilmiahnya, Masruchin berpesan kepada alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya yang berprofesi sebagai penegak hukum agar teguh pendirian sebagai penegak hukum yang berkeadilan bukan markus mafia beradilan. [Vida/vicky]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID