7 Fakultas dan 1 Vokasi Ikuti Seleksi On MIPA 2018 UB

Dikirim oleh ronnysetiantoko pada 13 Maret 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 724

223 mahasiswa UB ikuti On MIPA tingkat Universitas
223 mahasiswa UB ikuti On MIPA tingkat Universitas
Sebanyak 223 mahasiswa Uiversitas Brawijaya (UB) pada Sabtu (03/03/2018) mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2018. Kegiatan ini dilangsungkan di Gedung MIPA CENTER UB.

Dijelaskan Darjito, S.Si., M.Si., Ketua Pelaksana kegiatan, bahwa kegiatan ini dalam rangka seleksi untuk menjaring 7 besar yang akan mewakili UB dalam ajang ON MIPA tingkat regional yang akan berlangsung pada 21 - 22 Maret 2018. Pada tingkat regional, mereka akan dijaring 64 mahasiswa yang akan berlaga di tingkat nasional.

"Ditingkat nasional nanti akan diambil 20 besar dimana akan ada 3 medali emas untuk tiap bidang yang berarti ada 12 medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu dan sisanya ada 5 honorable mention (penghargaan khusus)," jelas Darjito.

Pada kesempatan tersebut Darjito juga melaporkan bahwa yang mengikuti seleksi pada kegiatan tersebut sebanyak 223 mahasiswa. Dari bidang Biologi ada 89 mahasiswa dengan tingkat keketatan paling tinggi yaitu sekitar 1:13, kemudian bidang Fisika ada 39 mahasiswa, dimana pada bidang ini memiliki tingkat keketatan paling rendah 1:6. Sedangkan untuk bidang Kimia dan Matematika masing-masing jumlah pesertanya adalah 48 dan 46 dengan keketatannya 1:7.

"Nah untuk sebaran pesertanya, untuk olimpiade kali ini itu diikuti oleh 7 Fakultas dan 1 Vokasi dimana memang dari MIPA pesertanya paling banyak namun begitu patut juga diapresiasi peserta dari fakultas lain terutama FPIK dimana sebanyak 30 mahasiswanya mengikuti ON MIPA kali ini," jelas Darjito.

Sementara itu, Kepala Biro Bidang Akademik dan Kerjasama Drs. Slamet Kusnady, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa ON MIPA merupakan salah satu agenda dari Dirjen dikti yang sudah berlangsung 10 tahun berjalan. Ia menyayangkan selama ini capaian UB masih belum menggembirakan dimana hasil yang ada masih pasang surut.

"Prestasi kemahasiswaan merupakan ujung tombak perguruan tinggi. Oleh karena itu perbaikan sistem seperti halnya di PIMNAS juga dilaksanakan dalam gelaran ON MIPA kali ini, agar prestasi UB di ajang ON MIPA kedepan bisa jauh lebih bagus dan siap seperti halnya prestasi di PIMNAS," harapnya. [ronny/Humas UB]

 

 

Artikel terkait