3 Mahasiswa UB Raih Beasiswa Cargill Global Schrolars untuk S1 On-Going

Dikirim oleh vicky.nurw pada 12 October 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 637

Fahmi Alamil Huda (Fakultas Peternakan)
Fahmi Alamil Huda (Fakultas Peternakan)
Beasiswa Cargill Global Scholars merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa S1 On-Going yang dimana mahasiswa tersebut tidak hanya mendapatkan bantuan keuangan saja tetapi juga mendapat program pengembangan potensi kepemimpinan bagi penerima beasiswa. Beasiswa tersebut menyediakan kuota sebanyak 10 mahasiswa yang diambil dari berbagai universitas ternama yang ada di Indonesia melalui seleksi administrasi dan wawancara seperti UNHAS (Universitas Hassanudin), UGM (Universitas Gajah Mada), IPB (Institut Pertanian Bogor) dan masih banyak lagi universitas ternama di Indonesia.

Salah satunya Universitas Brawijaya yakni 3 mahasiswa angkatan 2016 yang mendapat Beasiswa Cargill Global Scholars pada tahun 2018 ini Fahmi Alamil Hudha (Fakultas Pertanian), Moch. Alawy Syaiful Anam (Fakultas Pertanian), Naila L. Arisieh (Fakultas Teknik) yang dimana penerima beasiswa tersebut meningkat daripada tahun kemarin hanya satu orang saja yang berhasil lolos dengan persaingan dari universitas lainnya.

"Ada 2 tes seleksi Beasiswa Cargill Global Scholars yakni seleksi administrasi yang butuh ketelatenan dan keuletan sedangkan seleksi tes wawancara harus bisa menguasai Bahasa Inggris dan jujur menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada saat wawancara. Penguji tes wawancara tersebut ada dari Psikolog UI serta Dekan ITB juga," papar Fahmi.

Fasilitas yang didapatkan dari Beasiswa Cargill Global Scholars yakni mendapat beasiswa senilai $2,500/tahun selama 2 tahun kedepan, berpartisipasi dalam seminar kepemimpinan selama 3 hari pada tahun pertama dan pada tahun kedua selama 1 minggu pada salah satu lokasi perusahaan Cargill. Mereka juga mendapatkan program mentoring/bimbingan dari salah satu pemimpin Cargill. "Persiapan yang dibutuhkan pada saat seminar panjang cuma jaga kesehatan aja sih pas mengikuti seminar panjang dan semangat aja", ujar Fahmi.

Sebagai salah satu penerima Cargill Global Scholars dari Universitas Brawijaya Fahmi mengaku termotivasi. Dia berharap pada tahun kedepan penerima beasiswa bertambah. "Saya ingin berbuat sosial dari beasiswa yang saya dapatkan dan berharap agar tahun kedepan UB lebih banyak lagi yang mendapat Beasiswa Cargill Global Scholars. Karena kan dari tahun kemaren hanya 1 mahasiswa saja yang lolos kalau yang sekarang alhamdulilah meningkat menjadi 3 mahasiswa", harapnya.[intan/rina/Humas UB]

 

 

Artikel terkait