Prasetya Online

>

Berita UB

2015 Ini, UB Terima 14 Mahasiswa Difabel

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 01 September 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 3123

UB menerima 14 mahasiswa difabel pada 2015
UB menerima 14 mahasiswa difabel pada 2015
Universitas Brawijaya (UB) menerima 14 mahasiswa difabel pada 2015 ini. Dari jumlah tersebut, delapan diantaranya pada program sarjana sementara sisanya ada di Program Vokasi. Disabilitas yang disandang kebanyakan adalah tuna rungu (9), tuna netra (2), tuna daksa (1) dan cerebral palsy (1).

Program studi Diploma III Manajemen Informatika dan Teknik Komputer serta Fakultas Ilmu Budaya, masing-masing menerima empat orang mahasiswa, yang merupakan jumlah tertinggi. Selain itu, mereka tersebar di berbagai fakultas meliputi Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi. Dua Program Vokasi yang juga menerima mahasiswa difabel adalah Usaha Perjalanan Wisata serta Keuangan dan Perbankan. Mereka diterima melalui jalur khusus Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD).

Dua orang mahasiswa yang sempat ditemui PRASETYA Online adalah Vika Aprilia Lastari yang biasa disapa Vika dan Dyah Ayu Pravitasari yang biasa disapa Ayu. Keduanya adalah penyandang tuna rungu yang berasal dari sekolah inklusif. Vika berasal dari SMK 3 Probolinggo sementara Ayu berasal dari SMAN 8 Surabaya. Berbeda dengan masa sekolah dulu yang dibantu temannya untuk belajar, Vika dan Ayu mengaku membutuhkan pendampingan untuk menyelesaikan kuliah di UB. Terkait hal ini, Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) UB telah menyiapkan sekitar 80 pendamping yang telah menguasai berbagai skill pendampingan disabilitas seperti bahasa isyarat dan etika lainnya bersama penyandang disabilitas. [Denok/Humas UB]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID