Bahas MBKM, FISIP UB dan Unpad Buka Peluang Kerjasama

MALANG – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (FISIP Unpad) membuka peluang kerjasama dalam pengembangan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal ini terungkap saat pimpinan FISIP Unpad melakukan kunjungan ke FISIP UB, Rabu (8/12/2021). Dalam agenda kunjungan ini, kedua fakultas ini saling memberikan masukan dan saran. FISIP UB menerima beberapa saran tentang penerapan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dari FISIP Unpad yang sudah menjalaninya selama 7 tahun. Sementara pihak FISIP Unpad menerima masukan tentang penerapan MBKM di FISIP UB.

Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi SH., M.Si mengungkapkan pihaknya banyak menerima masukan dari FISIP Unpad tentang pelaksanaan PTNBH.

“FISIP Unpad in ikan sudah lama berdiri apalagi mereka sudah PTNBH sejak 7 tahun terakhir. Sementara di FISIP UB baru tahun ini. Tentu kita perlu menggali banyak hal dari FISIP,” ucapnya.

Dr Sholih juga mengatakan dalam pertemuan itu dibicarakan pula perihal MBKM. Diskusi pun terjadi untuk merumuskan MBKM seperti apa.

“MBKM ini program yang bagus. Tetapi fakultas tetap harus membenahi beberapa hal teknis termasuk sistem SKSnya,” ungkap alumni UB ini.

Karena itulah, FISIP UB membuka peluang melakukan kerjasama dengan FISIP Unpad tidak hanya dalam MBKM.

“Banyak hal yang bisa kita kerjasamakan misalnya student mobility, visiting professor, penelitian bersama dan penulisan buku bersama. Semoga ini bisa terlaksana,” sambung Dr Sholih.

Sementara itu, Dekan FISIP Unpad, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.IP., S.Si., M.T., M.Si mengungkapkan pihaknya melakukan kunjungan ke FISIP UB sebab melaksanakan program MBKM tak bisa dilakukan sendirian.

“Seperti kata pak Dekan Sholih bahwa saat ini sudah bukan era kompetisi tapi kolaborasi,” ucapnya.

FISIP UB dipilih oleh pihak FISIP Unpad kata Dr R Widya, karena UB dinilai sebagai salah perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Sehingga menurut kami amat tepat jika kami bisa sharing pengalaman dan pengetahuan. Semoga setelah pertemuan ini terlahir kerjasama yang riil dan bisa difollow up bersama sama,” ungkap Dekan FISIP Unpad. (Humas FISIP)