Audiensi Web of Science di UB

Universitas Brawijaya menyelenggarakan Audiensi Peningkatan Kualitas dan Strategi Publikasi Ilmiah pada Jurnal
Internasional bersama Clarivate Analytics, Selasa (28/11/2023). Clarivate Analytics adalah perusahaan yang memiliki layanan Web of Science yang berkantor di Singapura. Sedangkan Web of Science merupakan basis data terbesar yang berisi abstrak dan basis data sitasi dari peer-review literature yang ada di seluruh dunia.

Hadir dua narasumber yakni DiuSeng See, Sales Manager dan InnBeng Lee, Lead Business Solution Consultant. Auediensi dilakukan bersama editor dan pengelola jurnal terindeks Sinta 1 dan 2 yang berbahasa Inggris. Keduanya hadir menyampaikan terkait penggunaan data sitasi untuk perencanaan arah strategis jurnal UB yang ditargetkan, penulis dan editor terundang untuk memaksimalkan pengelolaan jurnal, mencari penelitian untuk jurnal UB serta meningkatkan naskah yang berkualitas melalui reviewer yang berkualitas dan memotivasi.

Pada sesi tanya jawab peserta berkesempatan menanyakan terkait pengelolaan jurnal salah satunya perwakilan dari Fakultas Teknologi Pertanian, jurnal Industria. Disampaikan jurnal ini dua kali tertolak terindeks WoS dengan alasan yang sama yakni Ethical Statement. Padahal sudah memperbaiki Ethical Statement sesuai dengan jurnal-jurnal lain yang sudah terideks WoS.

“Ini masalah yang mudah, Anda bisa melakukan parafrase dari Ethical Statement lainnya tapi jangan terlalu sama, buat yang relevan dengan jurnalmu yang menunjukkan ciri khas mu,” ungkap InnBeng Lee.

Prof. Luchman Hakim, S.Si.,M.Agr.Sc.,Ph.D, ketua LPPM UB berharap acara ini bisa memberikan pencerahan mengenal lebih baik terkait WoS, bagaimana caranya agar jurnal masuk indeksasi WoS. ” Karena di matrik WCU (World Class University),¬† baik WoS maupun Scopus menjadi matrik penting pada penilaian,” tuturnya.

Disampaikannya, LPPM berusaha agar jurnal-jurnal UB yang masih di Sinta 2 bisa akselerasi agar terindeks Scopus atau WoS. Diantaranya, koordinasi dengan editor maupun asisten editor agar sering hadir di forum serupa sehingga bisa saling memberi masukan. [sitirahma]