Aplikasi Deteksi Jejak Karbon Buatan Mahasiswa FILKOM Juara Pertama di UI/UX Competition

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang tergabung dalam tim BCC Kelapa Muda berhasil memperoleh juara satu pada Diponegoro UI/UX Competition (DUC) Anforcom 2022, kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Diponegoro, Semarang.

Tim yang beranggotakan Putu Krisna Sedana; Ivanna Adista Sihombing; dan Hafizh Daffa Septianto dibimbing Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd menghasilkan karya aplikasi bernama Fina atau sustainable living application untuk membantu mengurangi Carbon Footprint.

“Fina hadir untuk membantu masyarakat agar bisa menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan (sustainable living), seperti menggunakan kendaraan umum, mengurangi konsumsi daging, atau hemat dalam menggunakan listrik. Dengan fitur Kalkulator Jejak Karbon, Rekomendasi Aksi, Campaign, dan Gamifikasi, Fina berkomitmen untuk membantu pengguna agar bisa membangun kebiasaan ramah lingkungan dengan lebih mudah dan menyenangkan,” terang Krisna.

Krisna menjelaskan motivasinya mengikuti kompetisi ini, menurutnya Timnya (BCC Kelapa Muda) sudah memiliki tekad untuk menjadikan tahun 2022 menjadi tahun kemenangan. Hal ini didasari pada tahun 2021, BCC Kelapa Muda belum sekalipun berhasil meraih juara, maksimal hanya sampai menjadi finalis. Kegagalan-kegagalan tersebut akhirnya menjadikan semangat tersendiri untuk memperbaiki diri.

“Saya pribadi memiliki motivasi untuk belajar banyak melalui kompetisi. Juara hanyalah bonus, yang terpenting adalah pengalaman dan skill yang bisa saya latih. Dengan mengikuti berbagai kompetisi, saya percaya pengalaman tersebut akan menjadi bekal untuk saya berkarir setelah kuliah,” imbuh Krisna

BCC Kelapa Muda pada kompetisi kali ini berhasil mengungguli tim UX Labs, Universitas Komputer Indonesia (Juara 2); tim Notention, Universitas Al-Azhar Indonesia (Juara 3) dan tim Alkana, Institut Teknologi Bandung (Harapan 1). Kompetisi yang dimulai sejak Agustus diakhiri dengan pengumuman pemenang pada Sabtu, 8 Oktober 2022 lalu.

“Berani untuk gagal! kami habiskan jatah gagal kami di tahun lalu sehingga tahun ini puji Tuhan bisa diberi kesempatan untuk meraih juara hingga 5 kali berturut-turut dalam 6 bulan terakhir. Mumpung temen-temen masih mahasiswa dan diberikan fasilitas yang melimpah dari filkom, yuk habiskan jatah gagalnya dan “panen” lah kemudian!” saran Krisna

Diponegoro UI/UX Competition (DUC) Anforcom tahun ini diikuti oleh berbagai tim yang berasal dari universitas terkemuka di Indonesia. Hadir dengan tema Overcome The Infinity, Anforcom bertujuan mengenalkan Kultur Teknologi kepada masyarakat dan menumbuhkan jiwa-jiwa kompetitif yang sportif di kalangan pelajar.[drn]