Apatte62 Kembali Raih 2 Juara dalam KMHE 2022

Setelah sukses meraih predikat Juara dalam kompetisi Shell Eco-Marathon 2022, kali ini, tim Apatte62 dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya kembali menorehkan prestasi di Kontes Mobil Hemat Energi 2022. Kompetisi mobil ini dilaksanakan pada 29 Oktober hingga 4 November di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Ditemui melalui pesan singkat, Wisnu Nugraha selaku External Relation Tim Apatte62 menyebut persiapan telah dilakukan sejak tahun lalu. “Kami menyiapkan keempat mobil kami sejak Desember 2021. Pastinya kami menyiapkan dari technical mobil supaya memiliki efisiensi yang tinggi”, jelasnya.

Tidak berhenti disitu, riset juga dilakukan mulai dari braking, steering, body, mesin, kelistrikan dan lainnya. “24/7 kami fokuskan untuk penyiapan mobil menuju kompetisi ini, dan mempersiapkan administrasi untuk kebutuhan lomba”, ujar mahasiswa Departemen Teknik Kimia ini.

Dalam kompetisi ini, Apatte62 berpartisipasi dalam kategori Prototype dan Urban Concept. Dari dua kategori tersebut dibagi lagi menjadi 4 kelas berdasarkan energi penggeraknya yaitu MPD (Mesin Pembakaran Dalam) Gasoline, MPD Ethanol, MPD Diesel, dan Listrik. Jadi total ada 8 kelas. Sebanyak 14 orang yang terbagi dalam dua tim diturunkan dalam kompetisi ini, terdiri dari Team Manager, Driver, Divisi Engine, Divisi Body, Divisi Vehicle Dynamic dan Divisi Electrical. “Pada KMHE 2022 kami mengikuti kategori Urban Concept MPD Ethanol dan kategori Prototype MPD Diesel”, imbuhnya.

Dari kompetisi ini, tim kontingen UB meraih Juara 1 kategori Prototype MPD Diesel dengan hasil 375,61 Km/l dan Juara 3 kategori Urban Concept MPD Ethanol dengan hasil 155,91 Km/l. “Setelah ini, kami akan mempersiapkan untuk kompetisi tahun depan, baik Shell Eco-Marathon maupun KMHE 2023 agar mendapat hasil lebih baik lagi. Kami juga akan mengadakan Open House untuk menunjukkan dan mengenalkan Tim Apatte62 Brawijaya ke civitas akademik Universitas Brawijaya”, pungkasnya. (vQ)