Akan Buka Kelas Internasional, UNUD Kunjungi UB

UNUD Kunjungi UB untuk Benchmarking International Undergraduate Program

Universitas Udayana (UNUD) berkunjung ke Universitas Brawijaya (UB) Selasa, (11/06/2024). Bertempat di Ruang Jamuan Lantai 6 Gedung Rektorat, kunjungan ini dalam rangka benchmarking terkait pengelolaan Kelas Internasional Program Sarjana (International Undergraduate Program – IUP) dan Pengelolaan Pelaporan PDDikti (Kelas Internasional).

Kunjungan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, Direktur Direktorat Admnistrasi dan Layanan Akademik (DALA) Dr. Rosihan Asmara, S.E., M.P, Sekretaris DALA Arif Hidayat, S.Kom, Staf Ahli WR I, dan Tim Ad Hoc IUP UB, Ka. UPT International Academic Affairs.

Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP dalam sambutannya menyampaikan, UB sudah dua tahun secara resmi membuka IUP. Awalnya melalui perekrutan jalur mandiri, namun saat ini sudah ada skema penerimaan mahasiswa jalur IUP.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB dan Rektor UNUD

“Penciri khususnya adalah international exposure, yang mana mahasiswa diwajibkan mengambil kredit di universitas mitra di luar negeri. Skema yang ditawarkan adalah double degree, joint degree, internship, exchange program ataupun short program. Walaupun sebagai pendatang baru dalam pengelolaan IUP, namun UB termasuk cukup berhasil dalam pelaksanaan pembukaan program IUP,” ungkap Imam Santoso.

Pada tahun 2024, UB membuka Program IUP pada 28 Program Studi yang tersebar di semua fakultas. Pengelolaan IUP dijalankan oleh tim Ad Hoc yang terdiri dari berbagai unsur yakni DALA, DTI, IAA, dan perwakilan Program Studi.

“Tahun ini, proses perekrutan calon peserta IUP dilakukan dalam dua batch, dimana batch pertama dilaksanakan pada 27 Maret-3 Mei 2024, sedangkan batch kedua pada 6 Mei – 28 Juni 2024. Harapannya setelah batch dua berakhir, kuota yang sudah ditetapkan oleh masing-masing Program Studi akan bisa terpenuhi,” tutur Prof. Dr. Agustin Krisna Wardani, STP., M.Si. SA WR AK selaku Ketua Tim IUP UB.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor UNUD Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D., IPU, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., IPU, Koordinator Akademik dan Statistik, Sekretaris Unit Sumber Daya Informasi, Kepala Kantor Urusan Internasional, Ketua UPIKS FK, Ketua UPIKS FEB, Koordinator UPPPD, Sub Kor Registrasi dan Statistik dan Koordinator Keuangan.

“UNUD berencana membuka IUP, dan IUP UB kami pandang memiliki pengelolaan yang cukup baik karena berhasil merekrut peserta cukup banyak sehingga UNUD memutuskan untuk belajar mendapatkan pengalaman dari UB,” ujar Rektor UNUD.

Rektor UB (tengah) dan Rektor UNUD (kanan)

Kegiatan dirangkai dengan diskusi terkait rencana pengembangan program, strategi pemantapan program agar distribusi penerimaan mahasiswa lebih merata di semua Program Studi, pendanaan program IUP, dan sharing pengalaman terkait dengan pengelolaan mahasiswa asing di UB dan UNUD.

Rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc menyambut baik kunjungan ini. “Kami senang menjalin kerja sama untuk peningkatan internasionalisasi melalui seminar dan credentials bagi mahasiswa internasional,” ungkap Rektor. [Agustin/Irene]