72 Calon Mahasiswa FILKOM Ikuti Seleksi Alih Program

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM UB) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Alih Program (SAP) dari jenjang D3 ke S1 pada Semester Ganjil, Tahun Akademik 2022/2023. Proses pelaksanaan ujian melalui ujian CBT (Computer Based Test) dilaksanakan Senin (1/8/2022).

Ujian kali ini dilaksanakan secara langsung atau luring di ruang Laboratoriun Gedung G FILKOM UB menggunakan empat kelas yang diisi oleh pengawas dan teknisi di masing-masing kelas. Sebanyak 72 mahasiswa lulusan vokasi atau D3 yang terdaftar mengikuti ujian ini. Tidak lupa juga, Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. hadir untuk memantau proses pelaksanaan ujian penerimaan calon mahasiswa baru jalur Seleksi Alih Program (SAP) tahun ini.

‚ÄúTahun ini, total peserta yang terdaftar mengikuti ujian sebanyak 72 mahasiswa. Sebetulnya total jumlah keseluruhan 76 mahasiswa tapi empat orang dinyatakan gugur dikarenakan belum menyelesaikan proses administrasi,”kata Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa SAP FILKOM UB.

Tes ujian CBT ini diselenggarakan dalam satu hari secara dua sesi yaitu sesi pagi untuk psikotes dan kemampuan akademik dan sesi siang untuk tes kemampuan dasar. Selain itu dalam tahun ini juga terdapat 3 mahasiswa difabel yang mengikuti proses ujian, dengan didampingi pendamping dari PLD UB di awal pengarahan, dan secara mandiri mengerjakan ujian sampai akhir dibantu dengan pengawas dan teknisi yang ada di ruang ujian.

Denny melanjutkan dari 72 peserta tersebut sebagian besar mendaftar di prodi Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknologi Informasi. Sedangkan untuk kriteria penerimaan pada tahun ini Denny menjelaskan, tidak hanya dilihat dari nilai ujian saja, akan tetapi terdapat filter dan penilaian tersendiri dari Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik yang dilihat dari profil mahasiswa seperti riwayat skripsi, masa studi sebelumnya seberapa lama, kacakapan dalam Bahasa Inggris. Harapannya dengan proses filter menggunakan nilai ujian dan riwayat pendidikan sebelumnya mendapatkan calon mahasiswa yang berkompetan dan mampu dalam menyelesaikan studi yang ditentukan.[drn/Humas UB]