50 Tim Startup Ikuti Startup Summit di KMI Expo XII

Juri Didi Diarsa dari Fundex menilai presentasi masing-masing tim secara daring.

Sebanyak 50 perusahaan startup dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengikuti Startup Summit di Universitas Brawijaya (UB). Kegiatan ini merupakan rangkaian gelar Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII yang digelar 17-19 November 2021.

PIC Startup Summit Al Dhila Utami menyampaikan, 50 peserta ini merupakan penerima dana hibah Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) tahun 2021 yang telah lolos penilaian tahap kedua.

“Dalam kompetisi ini para peserta mempresentasikan wirausaha yang mereka lakukan, mulai latar belakang, target, keunggulan dari kompetitor, hingga perkembangan usaha,” kata Al Dhila.

Seluruh peserta mengikuti pitching secara online, dan dinilai oleh juri Nuniek Tirta Sari dari Inisiator Komunitas Startup Lokal, dan Didi Diarsa dari Fundex.

Nuniek Tirta Sari dari Inisiator Komunitas Startup Lokal sebagai tim juri Startup Summit.

Kriteria penilaian terdiri atas kreativitas, inovasi, jangkauan pasar, strategi pemasaran, cash flow, pertumbuhan keuntungan, potensi pengembangan usaha, dan penampilan saat presentasi.

Dari kompetisi ini akan diambil lima startup terbaik yang akan mendapatkan dana insentif untuk pengembangan startup dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan (Ditjen DIKTI).

“Saya harap Startup Summit dapat menjadi tempat bagi para pejuang start up indonesia untuk berkembang dan menjadi lebih baik untuk kedepannya. Semoga lomba ini dapat membawa pengaruh besar dalam menarik minat pemuda indonesia untuk mulai mengenal dan berkecimpung dibidang startup,” pungkas mahasiswi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi ini. [Irene]