Prasetya Online

>

Press Release

Pendidikan Sejak Usia Dini di Brawijaya Smart Schools Milik UB

Submit by denok on December 02, 2016 | View : 58

Sambil menunggu kelas dimulai, siswa/siswi TK BSS bermain di halaman sekolah
Sambil menunggu kelas dimulai, siswa/siswi TK BSS bermain di halaman sekolah
Suara riuh terdengar bergemuruh di salah satu sudut Universitas Brawijaya (UB). Anak-anak hingga remaja terlihat bermain, bercanda ria, sepakbola, bulu tangkis maupun belajar bersama di halaman sekolah. Mereka adalah siswa/siswi Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta penghuni penitipan anak di Brawijaya Smart Schools. Kesemuanya dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Brawijaya Smart Schools (UPT BSS) yang ada di UB.

Brawijaya Smart Schools merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di tingkat PAUD (penitipan anak, play group dan TK), SD, SMP, SMA dan University Foundation. Sebagian dari lembaga pendidikan tersebut berasal dari lembaga pendidikan (SD dan SMP) yang dikelola oleh Yayasan Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya. Pengalihan ini didasarkan pada SK Rektor Universitas Brawijaya Nomor 237/SK/2009 Tanggal 23 Juli 2009.

Submit by vicky.nurw on November 09, 2016 | View : 346

UB Tambah Dua Guru Besar Hortikultura

Submit by denok on November 07, 2016 | View : 127

Universitas Brawijaya (UB) mengukuhkan dua orang Guru Besar ilmu hortikultura pada Selasa (8/11/2016). Kedua orang Guru Besar tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Mudji Santosa, MS dan Prof. Dr. Ir. Moch. Dawam Maghfoer, MS. Prosesi pengukuhan keduanya dilakukan di Gedung Widyaloka UB. Dalam pengukuhannya, Mudji Santosa mengangkat pidato berjudul "Sistem Tumpangsari Tanaman Hortikultura Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Miskin di Desa". Sementara Moch. Dawam Maghfoer mengangkat pidato berjudul "Pemanfaatan Mikroba Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Tanaman Sayuran". Keduanya menambah jumlah Guru Besar di UB menjadi 226 orang.

Mengayuh Asa Meraih Prestasi si Bidikmisi

Submit by oky_dian on October 10, 2016 | View : 592

 

Beasiswa Bidikmisi memberikan angin segar bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu untuk bisa mengenyam bangku pendidikan tinggi. Penerima beasiswa ini bisa kuliah gratis dan bahkan menerima biaya hidup selama kuliah. Meski demikian rupanya mahasiswa Bidikmisi tak lantas terlena. Justru banyak prestasi yang lahir, seperti Andi Tanaka, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya penerima beasiswa Bidikmisi. Ia memilih tidak menggantungkan hidupnya hanya dari beasiswa, namun mereka berdua juga bekerja sambil kuliah untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

     

---------

Andi Tanaka, Prestasi si Anak Desa yang Sampai ke Negeri Ginseng

Jika mahasiswa pada umumnya lebih senang menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama teman-temannya di kafe, namun Andi lebih memilih menghabiskan waktunya dengan menghasilkan berbagai macam prestasi.

Tercatat sudah lebih dari 20 prestasi diraihnya sejak mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang.

Menurut Andi, kerja keras yang dilakukan karena tidak ingin membani orangtuanya yang berpenghasilan sebagai buruh tani di Dusun Kaliandong, Desa Panduwuan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.

Andi masuk ke Universitas Brawijaya melalui jalur SBMPTN dengan bantuan beasiswa Bidikmisi, dan meski mendapat fasilitas beasiswa dia tidak ingin bergantung selamanya dari bantuan itu, karena masa pencairan yang tidak tentu.

Jam Layanan Perpustakaan UB Tertinggi di Indonesia

Submit by denok on September 24, 2016 | View : 698

Beranda perpustakaan pusat UB yang dilengkapi akses free wifi
Beranda perpustakaan pusat UB yang dilengkapi akses free wifi
Buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca akan membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang. Koleksi dari buku dan media informasi lainnya yang merupakan kumpulan ilmu pengetahuan, hiburan, dll bisa ditemukan di perpustakaan baik yang tercetak maupun dalam bentuk digital. Di Universitas Brawijaya (UB), perpustakaan didirikan bersamaan dengan pendirian kampus yakni pada 5 Januari 1963.

Sejak didirikan hingga saat ini, perpustakaan UB telah mengalami perkembangan signifikan baik pada gedung maupun koleksi. Pada awalnya bangunan yang dimiliki hanya seluas 400 m2 namun kini telah berkembang menjadi 3.600 m2. Koleksinya pun terus bertambah. Hingga 2016, koleksi yang dimiliki adalah 188.721 buku (copy), 137.627 e-book, 143.172 e-journal, 76.349 tugas akhir serta 6.042 karya tulis ilmiah lainnya.