Prasetya Online

>

UB News

Sosialisasi Susunan Organisasi dan Tata Kelola FILKOM UB

Submit by prasetyaPTIIK on July 29, 2016 | Comment(s) : 0 | View : 529

Pimpinan Filkom Menyampaikan Sosialisasi
Pimpinan Filkom Menyampaikan Sosialisasi
Pimpinan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar sosialisasi tentang susunan organisasi dan tata kelola (OTK) baru yang diberlakukan di FILKOM, Jumat (29/7/2016) di gedung H. Sosialisasi ini diperuntukkan bagi seluruh dosen FILKOM UB.

Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom Wakil Dekan I bidang akademik menyampaikan berdasarkan aturan baru yang diberlakukan di Universitas Brawijaya, terdapat beberapa perubahan terkait susunan OTK di FILKOM, yaitupertama, perubahan terjadi pada susunan organisasi pada program studi (prodi). Dimana semula prodi dapat berdiri sendiri dibawah fakultas, kini setiap prodi wajib dinaungi oleh jurusan. Adapun dua jurusan yang ada di FILKOM saat ini meliputi jurusan Teknik Informatika dan jurusan Sistem Informasi. Jurusan Teknik Informatika menaungi tiga program studi yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Tenik Komputer dan Prodi Magister Ilmu Komputer. Sementara jurusan Sistem Informasi juga menaungi tiga prodi berbeda yaitu Prodi Sistem Informasi, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Prodi Teknologi Informasi.

Neo-Herbalize Suplemen Herbal untuk Ayam Broiler

Submit by dietodita on July 29, 2016 | Comment(s) : 0 | View : 525

Neo-Herbalize Suplemen Herbal untuk Ayam Broiler
Neo-Herbalize Suplemen Herbal untuk Ayam Broiler
Dewasa ini permintaan komoditas ternak untuk memenuhi kebutuhan protein hewani di masyarakat semakin banyak. Hal tersebut membuat perkembangan peternakan ayam pedaging atau broiler dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Namun peternakan ayam broiler ini memiliki kelemahan yakni kurangnya efektivitas ransum, mudah terjangkit penyakit yang mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan tingginya angka mortalitas yang berpengaruh terhadap pendapatan peternak. Penggunaan pakan tambahan (feed additive) dapat meningkatkan produktivitas ayam broiler akan tetapi berdampak menimbulkan residu bagi konsumen yang mengkonsumsi telur dan daging ayam tersebut.

Berangkat dari latar belakang tersebut mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya menciptakan suplemen herbal untuk ayam broiler. Dibawah bimbingan Dr.Ir.Osfar Sjofjan, M.Sc, tim yang terdiri dari bagus Ardiani (Fapet-2013), M. Ihwan Yulianto (Fapet-2013), Zaenal Abidin (Fapet-2013), Dwi Susan (Fapet-2014), Putri Ambarsari (FEB-2014) mengulas karya berjudul “NEO-HERBALIZE : Usaha Suplemen Bioaktif Pengganti Antibiotik dan Antioksidan untuk Peternakan Ayam Pedaging Bebas Residu Berbasis Tanaman Herbal”.

Mahasiswa UB Rintis Ruang Terbuka Hijau Lewat Gatra

Submit by oky_dian on July 28, 2016 | Comment(s) : 0 | View : 753

Mahasiswa UB Sedang Memberikan Pengajaran GATRA Pada Siswa MI Khodijah
Mahasiswa UB Sedang Memberikan Pengajaran GATRA Pada Siswa MI Khodijah
Lima mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB), yaitu Rizky Abi Amrullah, Arkadyah Dina Figianti, Tifana Rasyitagina, Aditya Resty Maulidha, dan Anita Dwy Fitria merintis ruang terbuka hijau di kota Malang.

Kota Malang dengan luas sebesar 252.10km2 dipandang sangat rendah dalam menyumbang ruang terbuka hijau karena hanya mampu menyediakan 30 persen atau sekitar 75.63km2. Padahal jika merujuk Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007, sebuah kota harus memiliki ruang terbuka hijau minimal 30% dari luas kota tersebut.

Empat Tim Perwakilan Fapet UB Melaju PIMNAS ke-29

Submit by dietodita on July 28, 2016 | Comment(s) : 0 | View : 677

6527_20160728083547
6527_20160728083547
Sejumlah empat tim dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) berhasil lolos dan melaju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29. Kontingen Fapet tersebut merupakan kontingen terbanyak kedua setelah Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang mewakili Universitas Brawijaya. Terdiri dari dua tim PKM-K dan dua tim PKM-PE mereka adalah Rosyid Haryadi dkk, Bagus Ardiani K.P. dkk, Ahmad Kamal Hasan dkk, dan Fatikhatul Huda dkk. Tahun ini jumlah tim Fapet UB yang melaju ke PIMNAS mengalami penurunan dibandingkan tahun 2015 lalu. Dr.Ir.Osfar Sjofjan, M.Sc selaku Wakil Dekan III sekaligus pembimbing salah satu tim memaparkan harapannya agar mereka dapat mengharumkan nama Fakultas dan Universitas dengan mencetak prestasi yang tidak kalah dengan tahun kemarin.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dibawah bimbingan Heli Tistiana, S.Pt,MP, Rosyid Haryadi dkk mengangkat karya berjudul Excreta Feed (X-FEED):Usaha Pemanfaatan Eskreta Ayam untuk Produksi Pelet Ikan Lele Murah, Merakyat dan Berkualitas (MERDEKA). Sementara itu tim Bagus Ardiani K.P. mengangkat judul "NEO-HERBALIZE (Usaha Suplemen Bioaktif Pengganti Antibiotik dan Antioksidan untuk Peternakan Ayam Pedaging Bebas Residu)" dengan dosen pengampu Dr.Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc.

Fieldtrip Dosen Fakultas Pertanian ke Agro Techno Park Jatikerto

Submit by denok on July 27, 2016 | Comment(s) : 0 | View : 931

Fieldtrip dosen FP-UB ke ATP Jatikerto
Fieldtrip dosen FP-UB ke ATP Jatikerto
Dinamika proses belajar mengajar di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP-UB) semakin berkembang. Tidak hanya mahasiswa, tetapi dosen juga berkewajiban untuk terus meng-up grade wawasan dan ilmu pengetahuan. "Ada tuntutan profesionalisme dalam bekerja," papar Prof. Ir. Sumeru Ashari, M.Agr.Sc., PhD selaku inisiator fieldtrip yang diselenggarakan Selasa (26/7/2016). Kegiatan ini diikuti 38 dosen dari berbagai program studi di FP-UB.

Agro Techno Park (ATP) Jatikerto milik UB menjadi tujuan utama fieldtrip ini. Dosen FP-UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS juga sangat mendukung kegiatan ini. "Fakultas sangat mendukung fieldtrip yang dilakukan oleh semua sivitas akademika FP-UB," kata dia.