Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop Pengelolaan Keuangan BLU

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 22 Januari 2009 | Komentar : 0 | Dilihat : 2606

Suasana Workshop Pengelolaan Keuangan BLU
Suasana Workshop Pengelolaan Keuangan BLU
Menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan nomor 55 tahun 2008, tanggal 28 Oktober 2008 yang menetapkan status Badan Layanan Umum (BLU), Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Keuangan BLU.
Workshop diadakan di ruang sidang lantai VIII Gedung Rektorat,.beberapa narasumber dari Direktorat PPK BLU Departemen Keuangan diundang untuk menyampaikan materi. Direktur Pembinaan PK-BLU Dirjen Perbendaharaan Drs. Hari Utama Ribowo, MA. menyampaikan materi "Implementasi Pengelolaan Keuangan BLU di Perguruan Tinggi". Sedangkan Kasubdit Pembinaan Kinerja BLU Dirjen Perbendaharaan Drs. E. Berlan S., MSocSc. menyampaikan materi "Pelaksanaan Anggaran Perguruan Tinggi BLU" dan "Pelaksanaan Anggaran Perguruan Tinggi BLU".

Peningkatan kualitas
Membuka acara ini Kamis (22/1), Pembantu Rektor II Warkum Sumitro, SH., MH. menyatakan, sejak UB berubah status menjadi PK-BLU maka perbedaan signifikan yang menjadi perhatian adalah perbaikan pengelolaan keuangan dan peningkatan kualitas pelayanan.
Dalam paparannya, Hari Utama Ribowo mengatakan, BLU dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Dijelaskan pula, BLU menggunakan dua paradigma baru yaitu let the managers manage (dengan membiarkan manajer pengelola jasa-jasa pemerintah untuk menggunakan anggaran dengan cara yang paling efisien dan make the managers manage (memastikan bahwa manajer menghasilkan kinerja).
Beberapa materi lain: "Pengawasan Keuangan dan Pengadaan Barang/Jasa Perguruan Tinggi BLU", "Penyusunan Bisnis Anggaran (RBA) Pengelolaan Kas, Piutang, Utang", "Investasi dan Akuntansi pada Perguruan Tinggi BLU", dan "Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Perguruan Tinggi BLU", juga disampaikan dalam workshop yang akan berlangsung hingga Jumat (23/1) besok.
Sementara itu Tim BLU UB yang terdiri dari Prof. Dr. Sutiman Bambang Sumitro, SU., Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS., Dr. Bambang Purnomosidi, SE., Ak., MBA., Abdul Ismail Ghofar, SE., MSi., Ak., MBA., dan Helmy Adam, SE., MSA., Ak., akan menjadi panelis untuk materi "Tindak Lanjut Workshop BLU".
Peserta yang diundang dalam acara ini terdiri dari PR I, PR II, dan PR III UB; PR II Universitas Islam Negeri Malang; PR II Universitas Negeri Malang; seluruh Kepala Biro di lingkungan UB; seluruh pejabat Bagian Keuangan dan Bagian Pengadaan UB; Pembantu Dekan II seluruh fakultas di lingkungan UB; Kepala Tata Usaha seluruh fakultas di lingkungan UB; Kepala KPPN Malang; dan Kakanwil Perbendaharaan Tingkat I Jawa Timur. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID