Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop PLP:Pembinaan Karier PLP

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 17 Desember 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 1122

Pemaparan tentang Pengembangan Profesi PLP oleh Prof. Dr. Ir. Suhardjono, Dipl. HE
Pemaparan tentang Pengembangan Profesi PLP oleh Prof. Dr. Ir. Suhardjono, Dipl. HE

Angka kredit bagi jabatan fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) bisa didapatkan dari berbagai kegiatan diantaranya pendidikan, pengelolaan laboratorium, pengembangan profesi dan kegiatan penunjang lain. Pengembangan profesi termasuk unsur yang wajib dilakukan untuk pengumpulan angka kredit.

Demikian disampaikan Prof. Dr. Ir. Suhardjono, Dipl. HE. dalam Workshop Peran Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Dalam Pengelolaan Laboratorium Sabtu (15/12) di UB Hotel. Acara ini yang dihadiri 63 Pranata Lab dan 33 Pimpinan Fakultas ini merupakan kegiatan terakhir setelah dilakukan dua kali workshop pada Minggu (2/12) dan Sabtu (8/12).

Prof. Suhardjono juga menyampaikan kegiatan pengembangan profesi bertujuan meningkatkan profesionalitas PLP  sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan. Sedangkan lima macam kegiatan yang bisa dilakukan PLP diantaranya pembuatan karya tulis ilmiah (KTI), penerjemahan buku dan pustaka, penyusunan standar /pedoman, penemuan teknologi tepat guna dan perolehan sertifikat profesi.

“Pembuatan karya tulis ilmiah di bidang pengelolaan laboratorium merupakan hasil penelitian, pengkajian, survai dan atau evaluasi di bidang pengelolaan laboratorium,” ungkapnya

Garti Sri Utami, Kepala Bagian Mutasi Jabatan & Tenaga Fungsional Nondosen-Biro Kepegawaian Kemendikbud mengatakan penilaian dan penetapan angka kredit PLP berdasarkan Pasal 12 yang menyatakan untuk kelancaran penilaian dan penetapan angka kredit, setiap PLP wajib mencatat dan menginventarisasi seluruh kegiatan yang dilakukan.

“Penilaian dan penetapan angka kredit terhadap setiap kegiatan PLP dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun,” lanjutnya.

Selain itu penilaian dan penetapan angka kredit PLP yang akan dipertimbangkan untuk kenaikan pangkat dilakukan paling sedikit dua kali dalam satu tahun yaitu tiga bulan sebelum periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil. [rian]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID