Prasetya Online

>

Berita UB

Unibraw Berjaya di Olimpiade Matematika UGM

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 16 Desember 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 1055


Universitas Brawijaya kembali berjaya dalam kompetisi antar perguruan tinggi di Indonesia. Ajang kompetisi kali ini adalah Olimpiade Sains dan Teknologi Mahasiswa se-Jawa Bali. Kompetisi digelar oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), di Yogyakarta selama dua hari, Sabtu 9/12-Minggu 0/12. Ajang kompetisi ini diikuti sekitar 109 perguruan tinggi se-Jawa Bali yang masing-masing mengirimkan 2-3 orang peserta. Dalam kesempatan tersebut, Universitas Brawijaya mengirimkan delegasi 3 orang, yaitu: Syafri Bahar, Darmajid dan Dahliatul Chasanah.
Salah seorang peserta dari Unibraw, Syafri Bahar, menuturkan, materi yang dikompetisikan adalah aljabar (abstrak dan linier), analisis matematika (riil dan kompleks) dan matematika terapan (Pemodelan dan Riset Operasional). Dengan penilaian yang melibatkan tim juri nasional dari berbagai Universitas Unggulan di Indonesia, akhirnya Syafri Bahar menduduki peringkat ketiga dengan skor 191 di bawah UGM (skor 240) dan ITB (skor 197). Sementara itu, Darmajid menduduki peringkat 4 dan Dahliatul Chasanah berada pada peringkat 20 besar. Sebagai penghargaan atas prestasi tersebut, Syafri berhak mendapat penghargaan.
Syafri yang memiliki hobi menulis puisi, teater, dan membaca, berpendapat perlu proses pendampingan dan pelatihan yang lebih matang sebagai persiapan menjelang kompetisi selanjutnya. “Persiapan yang paling penting bagi peserta adalah jam terbang”, ungkap putra sulung dari pasangan Drs Baharuddin dan Neng Suparti. Dalam rangka mengupayakan hal ini, Syafri saat ini tengah terlibat secara aktif sebagai asisten pelatih dalam rangka persiapan olimpiade matematika untuk bulan Maret mendatang. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID