Prasetya Online

>

Berita UB

TAHUN 2012 JUMLAH MAHASISWA S1 FEB UB YANG DI DROP OUT SEBANYAK 70 ORANG

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFEB pada 08 September 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 799

33 Orang Meninggalkan Kampus di Akhir Tahun Pertama Kuliah

Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya ( FEB UB ) kualitas dan kemampuan  akademik merupakan harga mati, tidak bisa ditawar-tawar oleh mahasiswa. Informasi yang diperoleh fakultas  dari masing-masing jurusan menunjukkan bahwa pada tahun 2012 jumlah mahasiswa yang tidak berhasil memenuhi kualifikasi akademik dan di ajukan untuk drop out mencapai jumlah 70 orang ( rincian per jurusan  lihat Tabel 1 dibawah ). Yang mengenaskan, dari total 70 mahasiswa  yang di drop out tersebut, 33 orang adalah mahasiswa angkatan tahun 2011, artinya mereka baru satu tahun mengenyam status sebagai mahasiswa FEB UB. Masih terbayang di ingatan, bulan Agustus  tahun lalu mereka dengan gembira mengikuti upacara penerimaan MABA di lapangan rektorat, namun pada akhir tahun ini dengan berat hati fakultas harus melepas mereka.

Sebagaimana  tercantum  dalam Buku Pedoman Akademik FEB UB , setiap akhir semester genap, setiap mahasiswa dievaluasi kinerja  akademiknya  melalui dua indikator yaitu IPK dan jumlah SKS. Sebagai contoh, untuk mahasiswa baru yang diterima masuk FEB UB pada bulan Agustus tahun 2011 lalu, setelah kuliah 2 semester, pada  akhir semester genap tahun 2012 mereka harus sudah menempuh mata kuliah sekurang-kurang nya 24 SKS dengan Index Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2. Apabila  mahasiswa yang bersangkutan tidak memenuhi salah satu syarat IPK atau SKS minimal tersebut,  mahasiswa yang bersangkutan harus melepas statusnya sebagai mahasiswa FEB UB.

Tabel 1 :

Jumlah mahasiswa S1 FEB-UB yang drop out  Tahun 2012

menurut Jurusan dan Angkatan ( Orang )

Mahasiswa Angkatan Tahun

Jurusan

Total

Ilmu Ekonomi

Manajemen

Akuntansi

2011

15

11

7

33

2010

10

1

10

21

2009

5

1

1

7

2008

1

-

-

1

2007

-

-

1

1

2006

-

-

-

-

2005

1

4

2

7

TOTAL

32

17

21

70

 

 

 

 

 

 

Sumber : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB, September 2012

Tingginya angka drop out untuk mahasiswa tahun pertama di duga erat kaitannya dengan faktor internal mahasiswa tersebut. Minat belajar yang rendah ditengarai sebagai faktor utama  penyebab mereka terpaksa “angkat koper” dan gagal menyandang gelar sarjana ekonomi dari FEB UB.  Faktor lain yang sangat mungkin adalah kegagalan mereka dalam beradaptasi secara akademik dan sosial pada awal-awal semester. Beberapa mata kuliah pada semester pertama mungkin dirasa sangat sulit bagi sebagian mereka yang selama di SMA tidak pernah mengenalnya; atau kegagalan pada mata kuliah dasar di semester pertama dikarenakan mereka belum mampu belajar  secara mandiri karena  semasa SMA mereka sudah terbiasa memperoleh bimbingan belajar dari para tutor pada lembaga-lembaga bimbingan belajar yang tersebar di berbagai kota.

Bagi mereka yang lolos evaluasi akademik di tahun pertama tetap harus hati-hati dan waspada sebab pada semester genap akhir tahun ke dua mereka bisa saja terkena perangkap drop out apabila indikator IPK dan SKS nya tidak memenuhi target. Dari tabel 1 diatas terdapat  21 orang mahasiswa  tahun ke dua (angkatan 2010) yang mengalami kasus demikian. (Khusnul Ashar, PD I FEB UB)

 

*Laporan ini disampaikan oleh Pembantu Dekan I Bidang Akademik FEB UB, Dr Khusnul Ashar, untuk diketahui oleh seluruh mahasiswa FEB UB agar mereka serius dalam kuliah dan percaya bahwa drop out di FEB UB bisa terjadi pada mahasiswa angkatan berapa saja yang kurang motivasi. (ris)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID