Prasetya Online

>

Berita UB

Program Doktor Ilmu Teknik, Perminatan Teknologi Energi 

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 04 April 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 864

Mulai tahun akademik 2006/2007 Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB) membuka Program Doktor Ilmu Teknik dengan Perminatan Teknologi Energi. Hal ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan sumber-sumber energi sebagai penggerak implementasi teknologi. Sementara ekses pemakaian energi konvensional telah mengakibatkan polusi dalam tingkat yang membahayakan kelestarian alam dan kehidupan. Di samping itu tuntutan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dengan pasokan energi semakin besar akibat dari pembangunan yang harus dilakukan.
Tantangan pengembangan teknologi energi, seperti pencarian sumber energi baru, efisiensi konversi, perlindungan dan lain-lain sudah sangat mendesak untuk dilakukan penelitian dan riset. Untuk menjawab tantangan itu, sebagian besar kegiatan akademik program doktor ini akan dilaksanakan dalam bentuk riset sebagai bahan penyusunan disertasi, dan memberikan sumbangan dalam bentuk inovasi keilmuan atau aplikasinya.
Tujuan pendidikan program doktor ilmu teknik ini antara lain: menghasilkan lulusan berkemampuan akademik tinggi, bersifat inovatif dan produktif, mampu menghasilkan temuan baru, mampu menjadi tenaga peneliti, ahli, atau profesional yang dapat berkontribusi berupa inovasi, konsep, atau kebijakan pemecahan masalah pembangunan berkaitan dengan implementasi teknologi. Di samping memiliki kemampuan analitik untuk mengembangkan kompetensi profesionalnya melalui usaha mandiri maupun organisasi profesi..
Calon peserta yang diterima pada program ini adalah magister ilmu-ilmu teknik mesin, teknik elektro, teknik fisika, teknik kimia, dan teknik lingkungan, memiliki IPK S2 minimal 3,50 atau IPK S2 minimal 3,00 (dengan menunjukkan empat karya ilmiah yang telah dipublikasikan), memiliki sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) OTO-BAPPENAS dengan skor 500. Mereka yang tidak memenuhi persyaratan lulusan magister dan IPK harus menempuh dan lulus program matrikulasi. Sedangkan calon mahasiswa yang berasal dari lulusan yang berbeda dengan yang dimaksud, akan dievaluasi oleh tim guru besar yang segera dibentuk untuk itu.
Calon mahasiswa yang mendaftar akan dibebani biaya pendaftaran (untuk formulir) Rp 250 ribu. Sedangkan biaya per semester Rp 7,5 juta untuk kelas sore, dan Rp 5 juta untuk kelas reguler. Menurut bagian pendaftaran PPSUB, M. Alfan Choiruddin SSos, setiap kelas akan berisi 15-20 mahasiswa.
Program ini akan membebani mahasiswanya sebanyak 45 sks yang dapat diselesaikan selama 6 semester sampai maksimal 10 semester. Mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Teknik ini harus mengikuti Program Alih Tahun (PAT) untuk menyetarakan pengetahuan dasar sebelum memasuki program reguler (semester 1). Mata kuliah PAT terdiri dari; statistik untuk riset, matematika rekayasa dan pengantar teknologi energi. Selain itu mereka harus mengikuti program matrikulasi 12 sks yaitu thermodinamika, heat transfer, mekanika fluida, dan teknik lingkungan. [vty]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID