Prasetya Online

>

Berita UB

Perpustakaan Unibraw: Launching Jurnal ProQuest Online

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 01 November 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 1619

Dra Welmin Sunyi Ariningsih MLib
Dra Welmin Sunyi Ariningsih MLib
Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya Dra Welmin Sunyi Ariningsih MLib, Kamis (1/11), meluncurkan jurnal ProQuest Online dalam sebuah acara di gedung PPI Universitas Brawijaya. Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan peserta itu merupakan upaya Perpustakaan Universitas Brawijaya dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan kepada sivitas akademika Universitas Brawijaya. Sebelumnya, jurnal ProQuest Online telah diujicobakan secara gratis bagi sivitas akademika pada 19 Maret sampai dengan 20 Juni 2005.
ProQuest Online adalah sebuah situs yang berisi ribuan jurnal dari segala bidang. Format di dalamnya dikemas dalam bentuk teks grafis, page image PDF dan abstraksi. Kelebihan ProQuest Online, setiap orang diberi kesempatan untuk melakukan download jurnal dan dapat dikirimkan kepada orang lain menggunakan e-mail. Beragam jurnal yang terdapat dalam ProQuest Online, yakni: Business Periodicals ondisc research edition, atau database bidang ilmu ekonomi dan bisnis seperti manajemen, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, akuntansi, dan sebagainya; ProQuest Medical Library atau database bidang ilmu kedokteran seperti kedokteran umum, pediatri, obstetri, radiologi dan sebagainya; ProQuest Science Journal atau database bidang ilmu teknik dan sains seperti teknik kimia, metalurgi, mesin dan sebagainya; serta Academic Research Library atau database yang mencakup berbagai bidang studi termasuk social science, humanities, environment, dan sebagainya.
Melalui warung-warung internet, pengguna dapat masuk ke situs ProQuest yang beralamat http://www.proquest.com/pqdweb. Sementara bagi pengguna di lingkungan kampus Universitas Brawijaya dapat mengakses melalui situs http://www.proquest.com/pqdauto. Jurnal ProQuest Online, menurut Welmin, diprioritaskan pada pengguna dari kalangan sivitas akademika di dalam lingkungan kampus. Hal ini tak lain karena aplikasi jurnal tersebut hosting pada server milik UPPTI (Unit Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi) Unibraw yang terhubung dengan fiber optic. Welmin menegaskan, kelangsungan jurnal ProQuest Online di Universitas Brawijaya sangat tergantung pada sivitas akademika sebagai pengguna. Keberadaan jurnal online dengan alokasi dana sebesar Rp 540 juta per tahun tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sivitas akademika Universitas Brawijaya. Direncanakan dalam waktu dekat, Perpustakaan Universitas Brawijaya akan mengadakan road show ke fakultas-fakultas untuk mensosialisasikan dan menggugah sivitas akademika agar memanfaatkan fasilitas tersebut. [nik]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID