Prasetya Online

>

Berita UB

Penerimaan Mahasiswa Baru 2009/2010

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 18 Agustus 2009 | Komentar : 0 | Dilihat : 2331

Ribuan Mahasiswa Baru Memadati Lapangan Rektorat UB
Ribuan Mahasiswa Baru Memadati Lapangan Rektorat UB
Pemasangan Topi oleh Rektor UB sebagai Tanda Diterimanya Mahasiswa Baru UB 2009/2010
Pemasangan Topi oleh Rektor UB sebagai Tanda Diterimanya Mahasiswa Baru UB 2009/2010
Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito hari ini (18/8) menerima secara resmi 8506 mahasiswa baru angkatan 2009/2010. Penerimaan mahasiswa baru ini dilakukan melalui upacara di lapangan Rektorat UB, yang sekaligus membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2 Maba). Dalam sambutannya, Rektor menyatakan bahwa minat lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk masuk UB pada tahun ini meningkat cukup tajam. Meskipun begitu, jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yang berjumlah 8627 mahasiswa. Tahun ini, sebanyak 7316 mahasiswa baru diterima pada program sarjana, 287 pada program vokasi, 560 program magister dan 343 program doktor.
Kepada para mahasiswa baru tersebut, Rektor menyatakan bahwa mereka patut bersyukur dan berbangga sebagai mahasiswa UB yang sekaligus juga diwajibkan untuk menjaga nama baik serta prestasi almamater yang telah tercapai sampai saat ini. Dalam kesempatan tersebut, berbagai prestasi yang telah dicapai UB pun dipaparkan. Diantaranya 2 (dua) kali berturut-turut Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) disamping prestasi dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda). Berkaitan dengan hal itu, Rektor secara khusus berpesan agar para mahasiswa baru senantiasa menjunjung tinggi tradisi keilmuan dan selalu memiliki pola pikir yang rasional, obyektif, analitis, kreatif, inovatif dan religius disamping menjaga etika kampus yang mengedepankan sopan santun, berbudi luhur dan berakhlak mulia.
Sementara itu, Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS dalam paparannya merinci jumlah mahasiswa yang diterima per fakultas. Masing-masing sebagai berikut: Program Pascasarjana (program magister): 10 orang, Fakultas Hukum (program sarjana, magister dan doktor): 502 orang, Fakultas Ekonomi (program sarjana, magister dan doktor): 885 orang, Fakultas Ilmu Administrasi (program sarjana, magister dan doktor): 1006 orang, Fakultas Pertanian (program sarjana, magister dan doctor): 758 orang, Fakultas Peternakan (program sarjana, magister dan doktor): 271 orang, Fakultas Teknik (program sarjana, magister dan doktor): 1209 orang, Fakultas Kedokteran (Program sarjana, magister dan doktor): 793 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (program sarjana, magister dan doktor): 491 orang, Fakultas MIPA (program sarjana dan magister): 615 orang, Fakultas Teknologi Pertanian (program sarjana): 365 orang, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (program sarjana): 693 orang, Program Bahasa dan Sastra (program sarjana): 546 orang, Program Kedokteran Hewan (program sarjana): 75 orang dan program pendidikan vokasi (Diploma I dan III): 287 orang.

PK2 MABA
Pada hari pertama PK2 Maba kali ini, mahasiswa baru dibagi dalam 22 cluster yang dibagi menjadi 2 (dua) penempatan yaitu gedung Samantha Krida dan gazebo. Kegiatan ini disebut dengan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PK2 MU). Di PK2 MU mereka akan diperkenalkan dengan lembaga serta beberapa pimpinan fakultas dan universitas. Selain itu, disampaikan Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. H. RB Ainurrasjid, MS, pihaknya juga berencana menghadirkan alumni ataupun sivitas UB yang berprestasi di tingkat nasional diantaranya Ir. Lukman Edy, MSi (Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal), Prof. Dr. Ir. Syamsul Bahri, MS (anggota Komisi Pemilihan Umum) serta M. Yasin (anggota Komisi Pemberantasan Korupsi). Sempat pula terjadi pemboikotan massa pada PK2 MU kali ini dimana mahasiswa baru Fakultas Teknik UB tidak bersedia mengikutinya. Meskipun begitu, dengan langkah mantap akhirnya mereka semua bergabung dan membaur dalam kegiatan tersebut bersama dengan fakultas lainnya walaupun maba Fakultas Teknik tanpa memakai jas almamater. [nok]
----
Foto: kiri: Ribuan mahasiswa baru memadati lapangan rektorat UB; kanan: Pemasangan topi oleh Rektor UB sebagai tanda diterimanya mahasiswa baru UB 2009/2010

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID