Prasetya Online

>

Berita UB

Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 01 Juni 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 1468

Bekerja sama dengan DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Malang, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya membuka pendaftaran peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat. Pendidikan ini telah mendapatkan ijin nomor 042/PERADI-PKJS PKPA/04/07 dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta, dan pada tahun 2007 ini merupakan pendidikan angkatan kedua.
Dekan Fakultas Hukum, Herman Suryokumoro SH MS mengatakan, kekuasaan kehakiman harus bebas dari segala bentuk campur tangan dan pengaruh, dari luar serta dari dalam. Untuk itu sangat dibutuhkan tenaga advokat yang berdedikasi, profesional dan bermoral dalam rangka pembangunan dan pengembangan supremasi hukum.
Penyelenggaraan pendidikan khusus profesi advokat ini didasari oleh UU nomor 18 tahun 2003 tentang advokat, UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan tinggi, serta nota kesepahaman kerjasama peningkatan keahlian hukum antara DPC AAI Malang dengan Fakultas Hukum. Pendidikan ini terbuka bagi lulusan fakultas hukum, fakultas syariah, perguruan tinggi hukum militer, dan perguruan tinggi ilmu kepolisian.
Dengan pendidikan khusus ini, demikian Herman, diharapkan dapat memberikan bekal bagi calon advokat untuk menjalankan tugas profesinya baik di dalam maupun di luar pengadilan, di samping juga sebagai prasyarat untuk dapat mengikuti tes sebagai advokat.
Kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan khusus ini adalah kurikulum dari Peradi, yang merupakan standar kualitas profesi advokat, meliputi: materi dasar, materi litigasi, materi non litigasi, dan materi pendukung. Sementara itu tenaga pengajarnya terdiri para pakar yang profesional dalam bidangnya, seperti: Denny Kailimang SH MH (Ketua DPP AAI), Harry Ponto SH LLM (Sekjen Peradi), Suhendro Priyadi SH (Ketua DPC AAI Malang), Prof A Moekhtie Fajar SH MS (hakim Mahkamah Konstitusi), Dr Syamsul Maarif SH LLM (Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, KPPU), Prof A Masyhur Effendi SH MS (hakim Peradilan HAM), dan sejumlah dosen Fakultas Hukum Unibraw seperti Dr Sudarsono SH MS, Dr Sihabuddin SH MH, Afifah Kusumadara SH LLM SJD, Dr Moch Bakri SH MS, Drs Adami Chazawi SH, dan A Malik Ishak SH.
Pendaftaran dibuka pada jam-jam kerja, selama 3 pekan, mulai 6 Juni 2007 hingga 23 Juni 2007, bertempat di Fakultas Hukum Unibraw. Peminat dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang disediakan, menyerahkan fotokopi ijazah terakhir (3 lembar), menyerahkan pasfoto (4x6) 2 lembar, dan (3x3) 1 lembar. Biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu, dan biaya pendidikan sebesar Rp 4 juta. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui contact person Lutfi Effendi SH MHum (081334615676) [Far]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID