Prasetya Online

>

Berita UB

Pemilihan Dekan Baru di Empat Fakultas di Lingkungan UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetya1 pada 01 April 2009 | Komentar : 0 | Dilihat : 1961

Empat fakultas di lingkungan Universitas Brawijaya meliputi Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) tengah melaksanakan pemilihan dekan baru. Peraturan yang digunakan dalam pemilihan dekan kali ini merujuk pada Peraturan Senat Universitas Brawijaya Nomor 048/SK/2009. Setelah melalui berbagai proses penjaringan pada 5 - 13 Maret dan proses pemaparan 24 - 31 Maret, keempat fakultas itu melakukan proses pencoblosan yang dilakukan pada 31 Maret 2009 untuk Fakultas Ekonomi dan serempak pada 1 April 2009 untuk FIA, FT dan FPIK. Untuk kali pertama, FIA dan FT melakukan e-voting. E-voting atau pemilihan melalui internet ini dilakukan karena di kedua fakultas itu terdapat banyak tenaga pengajar sedang melakukan studi lanjut baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Fakultas Ekonomi
Setelah melakukan pemaparan program kerja yang berlangsung pada Selasa (24/3) di salah satu hotel berbintang di kota Malang, Selasa (31/3) diadakan penjaringan calon Dekan Fakultas Ekonomi bertempat di ruang sidang utama FE UB. Penjaringan ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 13.00. Empat calon dekan FE UB meliputi Dr Drs Achmad Sudiro ME, Gugus Irianto SE MSA PhD Akt, Prof. M.Syafiie Idrus SE MEc PhD dan Dr Unti Ludigdo Ak. Tercatat sedikitnya 175 orang meliputi 156 tenaga pengajar, 14 perwakilan mahasiswa dan lima orang dari unsur karyawan administrasi yang memiliki hak untuk memilih calon dekan. Jumlah ini tidak termasuk mereka yang sedang studi lanjut di luar kota.
Proses penghitungan suara berlangsung di hadapan para peserta pemilih. Dari proses perhitungan suara yang dilakukan oleh Zaki Baridwan SE MSi Ak dan Nanang Suryadi SE MM, menghasilkan perolehan suara terbanyak yaitu Gugus Irianto SE MSA PhDAkt sebanyak 73,8 persen suara, disusul oleh Dr Drs Achmad Sudiro ME sebanyak 11,5 persen suara, Prof M Syafiie Idrus SE MEc PhD memperoleh 10,7 persen suara dan Dr Unti Ludigdo Ak dengan perolehan suara sebanyak 4,1 persen. Dari hasil yang telah diperoleh, Senat FE UB akan merapatkan kembali siapa calon dekan yang akan diusulkan kepada Rektor UB.

Fakultas Ilmu Administrasi
Pemilihan calon dekan FIA UB diikuti oleh 144 orang pemilih, terdiri dari 108 orang dosen 14 orang diantaranya adalah para pemilih yang melakukan e-voting, 14 dari unsur mahasiswa dan lima orang dari tenaga administrasi. Para pemilih itu memiliki hak untuk memilih delapan orang calon Dekan FIA UB periode 2009-2013. Kedelapan orang calon dekan tersebut meliputi Dr Abdul Hakim MSi, Dr Endang Siti Astuti MS, Dr Imam Suyadi MSi, Dr Kusdi Rahardjo DEA, Prof Drs Solichin Abdul Wahab MA PhD, Prof Dr Suhadak MEc, Prof Dr Sumartono MS, dan Dr Zainul Arifin MS. Menurut penuturan Ketua Penjaringan FIA UB Dr Mujibur Rahman Khairul Muluk SSos MSi kepada Prasetya, tiga nama calon dekan dengan perolehan suara terbesar akan diajukan ke Senat FIA UB.
Berdasarkan proses perhitungan suara, Prof Dr Sumartono MS meraih suara terbanyak dengan jumlah 35 pemilih dan Dr Kusdi Rahardjo DEA serta Prof Drs Solichin Abdul Wahab MA PhD memperoleh nilai yang sama sebanyak 31 pemilih. Ketiga nama ini kemudian diajukan ke senat FIA UB dan diputuskan pada 3 April 2009. Secara berurutan berikut adalah jumlah perolehan suara calon yang lain, Abdul Hakim 15 suara, Zainul Arifin 16 suara, Suhadak 5 suara, Imam Suyadi 4 suara, dan Endang Siti Astuti 3 suara. Selain itu terdapat dua orang tidak menggunakan hak pilihnya dan satu suara tidak sah.

Fakultas Teknik
Pemilihan dekan di Fakultas Teknik berlangsung meriah. Tercatat sebanyak 242 orang dosen, 48 diantaranya melakukan e-voting, 5 orang tenaga administrasi dan 7 orang mahasiswa yang memiliki hak memilih. Demikian ungkap Ketua Penjaringan Dekan FTUB periode 2009-2013 yang juga Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Dr Ir Surjono MTP kepada Prasetya belum lama ini.
Lebih lanjut diungkapkan Surjono, berdasarkan hasil perhitungan suara Prof Ir Harnen Sulistio MSc PhD meraih 98 suara, Dr Ir Mohammad Bisri MS 89 suara, Dr Ir Harry Soekotjo Dahlan MSc 11 suara, dan Prof Dr Ir Sri Murni Dewi MS meraih 7 suara. Selain itu terdapat 3 buah suara tidak sah dan 34 tidak memberikan suaranya. Kedua nama itu untuk selanjutnya diajukan ke senat untuk dilakukan pemilihan.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menyelenggarakan pemilihan dekan dengan sederhana. Sebanyak tiga orang mengajukan diri sebagai calon dekan. Mereka adalah Ir Sukoso MSc Ph D yang kembali mencalonkan diri, Prof Dr Ir Edi Suprayitno MS dan Prof Dr Agus Widodo MKes dari Fakultas MIPA UB. Terdapat 105 orang yang memiliki hak pilih. Dari jumlah itu yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 90 orang. Berdasarkan penghitungan surat suara diperoleh hasil Sukoso 49 suara, Edi Suprayitno 37 suara dan Agus Widodo 3 suara serta satu suara tidak sah. Dua suara terbesar kemudian diajukan ke senat tingkat fakultas. Berdasarkan hasil senat fakultas, Edi Suprayitno unggul tipis atas Sukoso.[nun]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID