Prasetya Online

>

Berita UB

Pembekalan KKN Tematik

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetya1 pada 15 Juli 2008 | Komentar : 0 | Dilihat : 2683

Selama dua hari, Senin (14/7) dan Selasa (15/7), Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPM UB) mengadakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PBA) merupakan tema program KKN UB kali ini.
Kegiatan pembekalan berlangsung di ruang pertemuan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB. Beberapa narasumber diundang untuk menyampaikan materi pembekalan. Di antaranya, Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Olahraga dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang yang menyampaikan Program Keaksaraan Fungsional, Camat Bululawang dan Camat Gondanglegi yang menyampaikan profil wilayah kerja masing-masing, PLS-UPTD Kecamatan Bululawang dan Gondanglegi dengan materi Kegiatan Belajar Mengajar dan Evaluasi Belajar Warga.
Selain itu, peserta mendapatkan pembekalan berupa Metodologi Rapid Rural Appraisal (RRA) dan Participatory Rural Appraisal (PRA) yang disampaikan oleh Dr Ir Bambang Ali Nugroho MS DAA, Metode Contextual Learning (CTL) oleh Miftakuljanah SPd MPd. Di samping itu mereka juga dibekali dengan materi Kewirausahaan oleh tim dari UB, yakni Menumbuhkan Jiwa Wirausaha dan Budaya Administrasi (Dr Ir Lilik Setyobudi MS), Efisiensi Produksi (Dr Ir Lilik Setyobudi MS), Perilaku Konsumen (Prof Dr Ir Achmanu Zakaria), Pemasaran dan Membangun Jaringan Kerja Lokal (Drs M Fatchi MS), serta materi Monitoring dan Evaluasi KKN Tematik oleh Drg Setyohadi MS.
Pada hari kedua, peserta mendapatkan pembekalan materi Gizi dan Kesehatan Masyarakat dari Marisa Qory W, serta Ketrampilan Kewirausahaan yang terdiri dari 5 materi yakni: Budidaya Jamur oleh Giusti Surya A, Budidaya Rosela oleh Leyla Andriani, Minuman Kesehatan oleh Irawan Setya W, Pengolahan Hasil Perikanan (Bakso Ikan, Abon Ikan, Otak-otak, Mi) oleh Slamet Budi Cahyono, dan Pembuatan Es Krim oleh Siti Hajar. Di akhir acara pembekalan, disampaikan Pengalaman KKN Tematik tahun 2007 oleh Erliana Novitasari STP.
Memadukan tridharma
Menurut Ketua LPM UB Prof Dr Ir Siti Chuzaemi MS, KKN adalah kegiatan intrakurikuler yang memadukan kegiatan tridharma perguruan tinggi. KKN dilakukan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada para mahasiswa, dan mengembangkan aspek kepekaan yang berorientasi kemasyarakatan dalam hal pengabdian keilmuannya, pengajaran, dan interaksi sosial yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan tertentu.
Tema program KKN sekarang ini adalah "Program Pemberantasan Buta Aksara Tingkat Dasar dan Tingkat Lanjutan Berbasis Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Warga Belajar".
Tujuannya, mendorong peran serta perguruan tinggi dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PBA) Latin. Di samping itu juga memberdayakan masyarakat agar mandiri melalui program kewirausahaan bercirikan potensi lokal.
Program KKN Tematik UB tahun ini diketuai oleh Ir Agus Tumulyadi MS, dan diikuti oleh 125 orang mahasiswa dari 4 fakultas: Fakultas Peternakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas MIPA, dan Fakultas Teknologi Pertanian, yang akan ditempatkan di dua kecamatan di Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Bululawang dan Kecamatan Gondanglegi. Sasaran program KKN kali ini adalah 1400 orang warga di kedua kecamatan itu, terdiri atas 1000 orang warga belajar tingkat dasar, dan 400 warga tingkat lanjutan. Sedangkan waktu yang digunakan di lapang adalah selama sebulan, mulai 17 Juli hingga 20 Agustus 2008. [Far]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID