Prasetya Online

>

Berita UB

Olimpiade Matematika Tingkat Jawa Timur

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetya1 pada 12 Mei 2008 | Komentar : 0 | Dilihat : 3228

Olimpiade Matematika
Olimpiade Matematika
Sebagai rangkaian Olimpiade Matematika Internasional, di gedung PPI Universitas Brawijaya diselenggarakan seleksi tingkat wilayah Jawa Timur selama 2 hari, Senin (12/5) hingga Selasa (13/5). Seleksi ini merupakan tahap kedua setelah seleksi di tingkat perguruan tinggi. Tercatat sebanyak 36 orang peserta dari wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, masing-masing Universitas Brawijaya (6 orang), Universitas Negeri Malang (5), Universitas Muhammadiyah Malang (5), Universitas Jember (4), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (5), Universitas Airlangga (5), Universitas Negeri Surabaya (5), dan STKIP PGRI Pasuruan (1).
Koordinator Penyelenggara Olimpiade Matematika Wilayah VII, Dr Marjono MPhil menjelaskan, selain di Jawa Timur kegiatan seperti inijuga diselenggarakan secara serentak di 9 wilayah lain di Indonesia, dengan total peserta sebanyak 260 orang. Dari jumlah itu akan diseleksi 20 orang untuk mengikuti tahap pembinaan awal, dan seleksi akhir pada awal bulan Juni (1/6).
Materi yang diujikan meliputi: Analisis Riil, Aljabar Linier, Kombinatorika, Riset Operasi, Analisis Kompleks, Struktur Aljabar dan Analisis Numerik dalam dua bagian, yaitu berupa isian singkat dan uraian. Dalam seleksi tahap akhir nanti, akan diambil sembilan orang untuk mengikuti pembinaan akhir pada pertengahan bulan Juli (13/7-22/7), hingga akhirnya diterjunkan untuk mengikuti Olimpiade Matematika Internasional di Bulgaria pada 25 Juli 2008 mendatang.


Delegasi UB
Dalam ajang kali ini, UB mengirimkan enam peserta yaitu Zuraidah Fitriah (Matematika 05), Yopi Hamengku (Matematika 05), M Riskiyadi (Matematika 06), M Fakih (Matematika 06), Sugeng Riyadi, (FT 07), dan Darmadjid (Matematika 04). Kepada PRASETYA Online, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Drs Warsito MS mengatakan, tahun ini adalah tahun keempat keikutsertaan Universitas Brawijaya dalam Olimpiade Matematika Internasional. Dalam seleksi tingkat universitas, ia telah berupaya mengembangkan agar tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Matematika FMIPA saja. Upaya Warsito direspon baik oleh fakultas lain, yaitu Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kedokteran (FK), walaupun akhirnya dalam seleksi hanya menyisakan FT dan FMIPA. Sebelum bertanding, enam orang mahasiswa UB itu menjalani pembinaan dari 7 orang dosen yang berkompeten dalam 7 materi yang diperlombakan. Dengan demikian diiharapkan, peserta dari UB bisa masuk 20 besar nasional. Berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Warsito menggambarkan, saingan terberat berasal dari UGM dan ITB. [nok]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID