Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa Unibraw, Duta Koperasi Jatim 2007

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 09 Agustus 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 746

Kiagus Firdaus, Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Fakultas MIPA menjadi Duta Koperasi Jatim II tahun 2007. Dalam rangka menjalankan visinya untuk mensosialisasikan koperasi di sekolah, kampus, dan UKM, mahasiswa yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Badan Eksekutif Mahasiswa itu menjelaskan perjalanannya hingga terpilih sebagai Duta Koperasi Jawa Timur 2007.
Kia, demikian pria ini biasa dipanggil, mengungkapkan, pemilihan Duta Koperasi merupakan tanggapan terhadap citra  masyarakat akan koperasi yang tampaknya klasik dan konvensional. Masyarakat, menurut pria kelahiran 22 tahun lalu, lebih sering memandang koperasi sebagai organisasi usaha beranggotakan orang dewasa dan tua. Padahal koperasi ditujukan pada masyarakat umum. Selain itu, menurut Kia, koperasi juga bertujuan untuk menyerap tenaga kerja guna mengurangi angka pengangguran yang tinggi, yang secara tidak langsung akan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.
Pemilihan Duta Koperasi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Timur ini merupakan yang pertama kali dan satu-satunya di Indonesia. Proses seleksi administrasi dimulai pada bulan Juni 2007 dengan jumlah pendaftar kurang lebih 800 orang. Dari seleksi awal ini, tersisa 500 orang untuk mengikuti tes tulis dengan bahan seputar koperasi di Malang, Surabaya, Kediri dan Madiun. Dilanjutkan dengan psikotes dan wawancara dalam bahasa Inggris, tersisa 100 orang untuk dikarantina di Surabaya. Dalam karantina, peserta melakukan aktivitas out bond, pembekalan dengan materi perkoperasian dan tata usaha, dan materi kepribadian. Pada hari keempat, 40 orang dari 100 orang diwawancara ulang untuk mendapatkan delapan pasang peserta yang akan dinobatkan sebagai finalis Duta Koperasi. Pada malam grand final, para finalis diberi dua pertanyaan di depan juri, di antaranya Gubernur Jawa Timur, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, serta pakar-pakar koperasi. Di puncak acara ditentukanlah empat pasang Duta Koperasi Jawa Timur 2007. Dua finalis di antaranya dari Universitas Brawijaya.
Kia mengungkapkan, tugas sebagai Duta Koperasi, adalah mendirikan 4 Bakorwil Koperasi di 4 kota (Malang, Surabaya, Kediri dan Madiun) bersama 100 finalis lain, termasuk finalis yang terpilih dengan pembagian 25 orang per wilayah. Dengan konsep koperasi ritel modern, masing-masing wilayah dimodali 500 juta guna pengembangan usaha. Duta Koperasi dengan tugas mensosialisasikan koperasi, selama satu bulan ini telah melakukan sosialisasi di Pekalongan dan Bojonegoro, road show ke Madiun serta mengikuti pameran-pameran. [sel/hel]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID