LKTM Tingkat Universitas Brawijaya 2007

Dikirim oleh prasetya1 pada 22 Maret 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 949

Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Universitas Brawijaya kembali digelar. Ajang rutin yang diselenggarakan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan itu akan berlangsung selama 2 hari, 29-30 Maret 2007. Tujuan LKTM tak lain untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis mahasiswa dalam rangka memperbaiki atmosfer akademik. Tiga bidang IPA, IPS dan Pendidikan, diperlombakan untuk memperebutkan masing-masing 5 peringkat pemenang, yaitu: juara satu, juara dua, juara tiga, juara harapan satu, serta juara harapan dua. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam serta tabanas dengan jumlah total 7,65 juta rupiah.
LKTM kali ini diikuti oleh 64 karya tulis yang berasal dari seluruh fakultas di lingkungan Universitas Brawijaya. Fakultas MIPA paling banyak mengirimkan wakilnya (9 karya tulis). Disusul oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Pertanian masing-masing 8 karya tulis. Dewan juri terdiri dari Dr Ir Antariksa MEng, Prof Dr Ir Siti Chuzaemi MS, dr Retty Ratnawati MSc, Rachmad Syafa?at SH MSi, Drs Imam Suyadi MSi, Dr Ir Imam Santoso MP, Dr Ir Salyo Sutrisno MS, Ir Anik M Hariati MSc, Dr Agus Suryanto MSc, Sugeng Pinando SE MPd, dan Ir Edi Susilo MS. Dewan juri tersebut diketuai oleh David Kaluge SE MEc Dev PhD.
Bidang IPS paling banyak diikuti (24 karya tulis). Disusul kemudian bidang Pendidikan (21 karya tulis) dan bidang IPA (19 karya tulis). Para peserta akan melalui dua tahapan seleksi, yaitu penyajian selama 15 menit serta tanya jawab melalui moderator selama 25 menit. Penilaian dewan juri menggunakan kriteria penilaian yang telah ditentukan oleh Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan. Kriteria itu meliputi tata tulis, sumber studi, isi, serta pengungkapan baik tertulis maupun lisan. Pemenang pertama akan mewakili Universitas Brawijaya dalam ajang LKTM tingkat wilayah C yang berlangsung sekitar bulan Mei-Juni 2007 dan diselenggarakan di Universitas Mataram untuk bidang IPA, STIESIA Surabaya untuk bidang IPS, serta Universitas Negeri Malang untuk bidang Pendidikan.
Berikut adalah judul karya tulis dan penulis yang telah didaftarkan ikut lomba. Bidang IPA: ?Bromelain dalam Nanas sebagai Alternatif Anti Kanker Colon? oleh Adrian Yusdianto dan Zuhrotun Ulya dari Fakultas Kedokteran, ?Efektivitas Biji Kelor (Moringa alcifera) sebagai Bioflokulan dalam Penyediaan Air Bersih di Daerah Kritis Air (Daerah Banjir)? oleh Achmad Nizar, Ady Sumaryanto dan Umi Andarini dari Fakultas MIPA, dan ?Pemanfaatan Kecoak (Blata orientalis L.) sebagai Detektor Bom? oleh Imam Dwi Cahyo, Marcelinus ASA dan Ermah Fachriyani dari Fakultas Pertanian. Bidang IPS: ?Kebijakan Transportasi Rencana Angkutan Massal Malang Raya sebagai Aplikasi Pengembangan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Madani? oleh Puspita Fitria dan Nanda Febryan dari Fakultas Teknik, ?Report Card System sebagai Alternatif Model Partisipatif Masyarakat dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum? oleh Robert Dwi Junianto, Farisa Isnan dan Indah Lely dari Fakultas Ilmu Administrasi, dan ?Pembentukan Komisi Ombudsman Daerah dengan Sistem Pelaporan Spider Web (Jaring Laba-laba) sebagai Upaya Mewujudkan Good Governance? oleh Hikmatul Ula, Indri Novi Triwinayu dan Dian Safari dari Fakultas Hukum. Bidang Pendidikan: ?Penguatan Soft Skill Mahasiswa Melalui Introduksi Konsep ESQ untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi? oleh Amelia Miranda, Miwing Nurul Wahyuni, dan Veni Ardini dari Fakultas Teknologi Pertanian, ?Penerapan Metode Hypnoparenting pada Pendidikan Prasekolah untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Balita atau Prasekolah? oleh Wiratama Kusumaningtyas dan Yudi Irawan dari Fakultas Ekonomi, serta ?Upaya Pemberantasan Buta Aksara Orang Tua di Indonesia dengan Metode Kebo Nyusu Gudhel? oleh Abas Hidayat dari Fakultas Perikanan. [nik]