KH. Abdurrahman Qomari: Rahmat Allah yang Membawa Kita Masuk Surga

Dikirim oleh humas3 pada 24 Juli 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 2231

KH. Abdurrahman Qomari dari Pondok Pesantren (PP) Darul Falah, Kenongo, Malang menyampaikan, Rahmat Allah lah yang akan membawa kita masuk surga dan bukan sekedar amal ibadah. Hal ini ia kemukakan dalam ceramahnya setelah shalat Dzuhur di Masjid Fatahillah Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Selasa (24/7). Ceramah ini rutin diselenggarakan setelah shalat dzuhur berjama'ah di masjid tersebut selama Bulan Ramadhan.

"Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat Allah merupakan salah satu momentum yang hendaknya dimanfaatkan oleh kaum Muslim," kata dia. Apalagi, menurutnya dalam bulan ini kaum Muslim dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu. Dalam QS. Lukman: 19, Allah SWT memetaforakan nafsu sebagai suara keledai. Dari penafsiran ayat ini, para mufassir dan peneliti terkait menyampaikan bahwa keledai mengeluarkan suara ketika lapar dan ingin kawin. Dalam konteks manusia, kedua nafsu tersebut berhubungan dengan urusan perut dan bawah perut (kemaluan). Selain nafsu, manusia juga dikaruniai akal yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan nafsu walaupun memiliki keterbatasan.

Membuka ceramah bulan Ramadhan ini, Senin kemarin kajian disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. H. Abdul Latief Abadi, MS. Untuk berikutnya kajian akan diisi oleh Warkum Sumitro, SH, MH (25/7), Drs. Moch. Sokib, M.Ag (26/7), Ir. HRB. Ainurrasjid, M.Si (30/7), Drs. KH. Saifuddin Zuhri (31/7), Prof. Dr. Agus Suman, SE, DEA (1/8), Dr. Roibin, MA (2/8), Dr. Sihabuddin, MH (6/8), Dr. Suhadak, MA (7/8), Drs. Sudirman Nachrowi, M.Ag (8/8), Dr. H. Wildana Wargadinata (9/8), Habib Jamal Ba'agil (13/8), KH. Abdurrahman Wahid (14/8), Dr. H. Moch. Fatchur Rozi, M.Pd (15/8) dan Drs. H. Moch. Ali Ashari, M.Pd (16/8).

Selain ceramah setiap dzuhur, Pusat Pembinaan Agama (PPA) UB juga menyelenggarakan berbagai kegiatan guna menyemarakkan dan memakmurkan bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut meliputi buka puasa dan tarawih bersama (pimpinan dan senat Guru Besar), workshop Zakat, Infaq dan Shodaqoh serta buka puasa bersama 1300 anak yatim piatu dan 65 lembaga panti asuhan se-Malang Raya. [nok]

 

Artikel terkait