Prasetya Online

>

Berita UB

Gebyar Festival Tari

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 09 Desember 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 1110

Gebyar Festival Tari Piala Rektor XV
Gebyar Festival Tari Piala Rektor XV
Universitas Brawijaya kembali menggelar Gebyar Festival Tari Piala Rektor XV Antarfakultas dan Antarperguruan Tinggi se-Jawa Timur tahun 2007. Acara yang berlangsung selama 2 hari (8/12-9/12) ini dilaksanakan sepenuhnya oleh Unit Aktivitas Karawitan dan Tari Unibraw secara reguler dua tahun sekali. Namun, untuk festival tari antarfakultas diselenggarakan setiap tahun. Memperebutkan Piala Rektor, pada tahun ini, festival tari diikuti oleh delapan fakultas dan satu program studi di Unibraw, di antaranya Fakultas MIPA, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan, dan Program Ilmu Sosial. Sementara untuk kategori perguruan tinggi diikuti oleh lima PTN di Jawa Timur, yakni Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Trunojoyo, Universitas Jember, dan Universitas Negeri Malang. Menghadirkan juri sebagai dewan pengamat, antara lain Sylvester Pramadi SKar MHum selaku ketua, Tribroto Wibisono SPd, dan Sholeh Wibisono SST.
Dalam sambutan pada upacara pembukaan, Rektor yang diwakili oleh Pembantu Rektor III, Ir Ainurrasjid MS mengungkapkan, mahasiswa Universitas Brawijaya diarahkan untuk menjadi mahasiswa cerdas, kreatif, dan inovatif. Pilar yang mendasari meliputi pengembangan nalar dan keilmuan, kesehatan, serta seni. ?Terkait hal ini, gebyar tari yang diselenggarakan kali ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan Jawa Timur, dan mampu meningkatkan citra seni yang berkualitas tinggi,? tandasnya.
Pada hari pertama, festival tari ini dibuka oleh penampilan fakultas-fakultas di Unibraw. Berturut-turut, tim Fakultas MIPA membawakan judul tari ?Jerat-jerit?, Fakultas Teknologi Pertanian menampilkan tari berjudul ?Murka?, Fakultas Ekonomi menyuguhkan tari ?Supena?, Fakultas Kedokteran menyajikan tari ?Satya Brasta?, Fakultas Teknik membawakan ?Retna?, Fakultas Pertanian menampilkan tariannya yang berjudul ?Nyareh Nase?, Fakultas Perikanan membawakan ?Anindita?, serta Program Ilmu Sosial yang menampilkan tarian tentang keberadaan feminisme. Sementara hari kedua, digelar festival tari yang diikuti oleh perguruan tinggi di Jawa Timur, yakni Universitas Airlangga yang membawakan tarian berjudul ?Mekar Ing Wengi?, Universitas Brawijaya menampilkan judul tari ?Candra Kirana?, Universitas Trunojoyo membawakan ?Asassa?, Universitas Jember menampilkan ?Besini?, dan Universitas Negeri Malang membawakan judul tari ?Tetes?.
Menurut Ketua Panitia, Andar Budi Setyawan, mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2006, event ini dilatarbelakangi oleh keinginan menjadikan gebyar festival tari sebagai media silaturSahmi antar UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) se-Jawa Timur. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya dalam hal seni tari serta olah tubuh. Bertemakan ?Bebas dengan Background Tradisi?, event ini cukup banyak menyedot animo serta antusiasme pengunjung. Ini terbukti dengan ludesnya tiket yang disediakan panitia selama dua hari sebanyak 600 tiket. ?Penjualan tiket ini melebihi ekspektasi panitia sendiri,? ujar Andar lagi.
Setelah diumumkan di penghujung acara, terpilih nominator untuk masing-masing kategori. Pada tingkat fakultas, nominator untuk penampil terbaik antara lain Fakultas MIPA, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Pertanian. Nominator musik terbaik diraih oleh Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Perikanan. Untuk nominator koreografi terbaik direbut oleh Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Perikanan. Sementara nominator penulis naskah terbaik direbut oleh Fakultas MIPA, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Perikanan.
Sedangkan pada tingkat universitas, nominator penampil terbaik dimenangkan oleh Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang, sedangkan nominator musik terbaik diraih oleh Universitas Trunojoyo, Universitas Jember, dan Universitas Negeri Malang. Untuk nominator koreografi terbaik direbut oleh Universitas Airlangga, Universitas Jember, dan Universitas Negeri Malang, sementara nominator penulis naskah terbaik dimenangkan oleh Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang.
Berdasarkan itu, juri menetapkan juara umum yang mendapatkan nominasi terbanyak. Untuk tingkat fakultas, juara umum berhasil disabet oleh Fakultas Teknologi Pertanian sedangkan untuk tingkat universitas direbut oleh Universitas Negeri Malang. Para pemenang diberikan penghargaan berupa tropi yang diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof Dr Ir Yogi Sugito. [bhm]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID