Prasetya Online

>

Berita UB

Disertasi Bayyinatul Muchtaromah

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 09 Agustus 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 915

Program Pascasarjana menyelenggarakan ujian terbuka disertasi Bayyinatul Muchtaromah, Kamis (9/8) di Gedung E Lantai III Pascasarjana Universitas Brawijaya. Kandidat dari Program Doktor Ilmu Kedokteran Kekhususan Biologi Reproduksi itu membawakan disertasi berjudul ?Isolasi dan Pembuatan Antibodi Protein 100 kDa dari Membran Kepala Spermatozoa Kambing (Sebuah Studi Daya Hambat Reaksi Akrosom, Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa)?.  Bertindak selaku Promotor, Prof Drs Sutiman Bambang Sumitro SU DSc, dan Ko-Promotor masing-masing Prof Dr dr Sumarno DMM SpMK dan Prof Dr Ir Trinil Susilawati MS. Adapun tim penguji terdiri atas Dr drh Aulani?am DES, Dr Ir Gatot Ciptadi DESS, Dr Ir M Sasmito Djati MS, dan Penguji dari Universitas Airlangga Prof Dr drh H Soehartodjo Hardjopranjoto MSc.
Bayyinatul Muchtaromah
Bayyinatul Muchtaromah
Dalam penelitian pendahuluan, Bayyinatul Muchtaromah berhasil mengisolasi protein dengan berat molekul 100 kDa pada membran kepala spermatozoa kambing yang diejakulasikan. Protein 100 kDa mungkin mempunyai peranan penting dalam interaksi antara spermatozoa-ovum, tetapi peranan secara langsung terhadap fertilisasi masih belum dibuktikan. Sehingga, perlu diteliti apakah protein 100 kDa terlibat langsung dalam proses kapasitasi atau reaksi akrosom, motilitas dan viabilitas spermatozoa. Selain itu perlu diteliti apakah antibodi protein 100 kDa tersebut juga mengenali protein sejenis dari spermatozoa spesias mamalia lainnya. Apabila protein 100 kDa terlibat dalam proses tersebut, maka antibodi protein 100 kDa akan mampu menghambat fertilisasi dan jika bereaksi silang dengan protein membranspesies mamalia lain maka akan berpeluang sebagai bahan untuk teknologi imunokontrasepsi.
Penelitian yang dilakukan terhadap protein membran spermatozoa pada kambing menunjukkan bahwa fosforiliasi protein (kejadian modifikasi post translasional yang bertindak sebagai pengatur untuk mengontrol berbagai proses) dari spermatozoa merupakan aspek penting bagi kapasitasi spermatozoa (masa dimana spermatozoa mendapatkan kemampuan fertilisasi) dan berhubungan dengan hiperaktivasi motilitas, zona pelusida dinding serta reaksi akrosom.
Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama yaitu isolasi dan karakterisasi Protein 100 kDa dari membran spermatozoa kambing yang sudah diejakulasikan, tahap kedua yaitu isolasi dan karakterisasi antibodi Protein 100 kDa, dan tahap ketiga yaitu membuktikan kemampuan Protein 100 kDa dari membran kepala spermatozoa kambing, dapat menginduksi antibodi Protein 100 kDa yang mampu menghambat kapasitasi atau reaksi akrosom, motilitas dan viabilitas spermatozoa, sehingga terjadi kegagalan fertilisasi.
Dari ketiga tahap penelitian tersebut diperoleh hasil, Protein 100 kDa mampu menginduksi terbentuknya Antibodi Protein 100 kDa sehingga dapat digunakan sebagai bahan imunogen. Selain itu, Antibodi Protein 100 kDa juga dapat dipergunakan untuk spesies lain (interspesies). Protein 100 kDa dan Antibodi Protein 100 kDa mempunyai kemampuan menghambat reaksi akrosom, motilitas dan viabilitas, yang secara tidak langsung menghambat fertilisasi dan dalam jangka panjang dapat digunakan sebagai bahan kandidat imunokontrasepsi. Protein 100 kDa diproduksi oleh spermatozoa kambing yang matur dan tidak mengalami banyak perubahan selama perjalanannya dari cauda epididimis hingga diejakulasikan.
Dr drh Bayyinatul Muchtaromah MSi menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di kota kelahirannya Sidoarjo. Dosen tetap Universitas Islam Negeri Malang yang juga Ketua Jurusan Biologi Biologi Fakultas Saintek ini meraih gelar sarjana dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya (1995). Sedangkan gelar S2 didapat dari universitas yang sama (1999). Tercatat sedikitnya 26 karya ilmiah baik dalam bentuk penelitian, publikasi maupun buku telah dihasilkan oleh perempuan kelahiran 36 tahun silam itu. [sel/hel]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID