Prasetya Online

>

Berita UB

Dharma Wanita UB Gelar HUT Dharma Wanita dan Hari Ibu

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 29 Desember 2009 | Komentar : 0 | Dilihat : 3561

Sambutan Ketua Dharma Wanita Persatuan UB
Sambutan Ketua Dharma Wanita Persatuan UB
Lomba Sulam Pita
Lomba Sulam Pita
Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya (UB), Selasa (29/12), menyelenggarakan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke 10 dan Hari Ibu ke 81. Kegiatan yang berlangsung di Gedung PPI UB itu dihadiri oleh ratusan peserta dari seluruh unit kerja yang ada di UB. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan meliputi Lomba Membuat Taplak Sulam Pita, bazaar, dan ceramah tentang Kanker Leher Rahim yang disampaikan oleh dr Eviana Norahmawati. Kegiatan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengenang dan memahami perjuangan kaum wanita serta meningkatkan aspirasi manusia dalam memahami kodrat wanita. Kegiatan itu juga dimeriahkan oleh pertunjukan tari Remo yang dibawakan oleh siswi SD BSS.
Pada awal materinya yang berjudul Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara dr Eviana Norahmawati menyampaikan, masalah penanganan kanker di Indonesia pada umumnya adalah penderita dengan stadium lanjut. Umumnya, menurut dr Nora, demikian dia biasa dipanggil, alasan penderita dating terlambat karena kurangnya pengetahuan tentang gejala kanker, rasa takut untuk dioperasi dan kendala biaya. Dosen Fakultas Kedokteran UB itu juga memaparkan data tentang kasus penderita kanker yang dialami kaum wanita di Indonesia. Menurut Badan Registrasi Kanker tercatat kanker leher rahim menempati posisi tertinggi disusul dengan kanker payudara dan kanker ovarium.

Kanker pada Wanita
Penyebab kanker rahim disebabkan oleh adanya infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang ditularkan dengan hubungan seksual serta dipengaruhi oleh status imun, paritas tinggi, merokok dan infeksi Chlamydia. Wanita yang beresiko tinggi terkena kanker rahim adalah wanita yang telah melakukan hubungan seksual pertama kurang dari 20 tahun, melahirkan lebih dari 3 kali, sering keputihan/cervicitis dengan higinitas buruk, sering berganti-ganti pasangan seks, pasangan seksual beresiko tinggi, wanita dengan usia lebih dari 40 tahun dan wanita dengan perdarahan kontak. Deteksi dini kanker rahim adalah melakukan paap smear secara rutin.
Sementara untuk kanker payudara, faktor resiko tinggi kanker payudara meliputi diantaranya perokok, mereka yang menjalani diet tipe Western (tinggi kalori, tinggi lemak hewani, kurang buah dan sayur), pertambahan berat badan, kurang berolahraga, radiasi, riwayat keluarga dan pernah menderita tumor jinak payudara. Deteksi dini kanker payudara yaitu melakukan sarari dan sadari setiap bulan sekali atau melakukan mammografi.

Lomba Sulam Pita
Lomba sulam pita pada taplak baki diikuti oleh 15 orang peserta dari unit kerja di UB. Dewan juri terdiri dari Ninik Chairani SH dan Arien Suprastiwi SH. Penilaian didasarkan atas tingkat kesulitan, teknik yang digunakan, komposisi warna, kerapihan serta keserasian. Dari hasil penilaian diperoleh hasil juara harapan dua dari Fakultas Pertanian dengan nilai 124, harapan pertama dari Fakultas Ilmu Administrasi dengan nilai 128, juara ketiga dari Fakultas Teknik dengan nilai 141, juara kedua dari Fakultas Teknik dengan nilai 151 dan juara pertama dari Fakultas Peternakan dengan nilai 156.[nun]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID