Prasetya Online

>

Berita UB

Bedah Buku: ”Akulah Setan, Anda Siapa?” 

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 04 April 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 1807
Bedah Buku: Akulah Setan, Anda Siapa?
Bedah Buku: Akulah Setan, Anda Siapa?
Dalam rangkaian kegiatan Pekan Budaya III, Program Bahasa dan Sastra Universitas Brawijaya menyelenggarakan bedah buku berjudul ”Akulah Setan, Anda Siapa? Tafsir Imajiner Ayat-Ayat (tentang) Setan” karya Aang Efha, terbitan Pustaka Pesantren. Hadir dalam kesempatan tersebut sang penulis, Rajarul Hakam Fauzi (Aang Efha) yang juga dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan  Agus Sunyoto, pengarang buku Syekh Siti Jenar sebagai pembanding.
Dalam pemaparannya, Aang Efha mengungkap bahwa buku ini ditulis dengan perspektif ’keberadaan’ setan, sehingga dengan membaca buku ini kita mampu mempelajari ’gerak-gerik’ dan tipudaya setan yang diciptakan dari api untuk menggoda manusia. ”Membaca buku ini bukan untuk meniru setan apalagi menyembahnya, tetapi untuk ’membaca’ sifatnya”, ungkap Aang. Lebih lanjut Aang mengatakan, tugas menggoda manusia, setidaknya telah berhasil dilaksanakan setan dengan baik. Tetapi bagaimana dengan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, dan sekaligus sebagai hambaNya, yang bahkan sebelumnya telah ditolak oleh berbagai ciptaanNya yang lain?"
Sang penulis mengakui ketidakberhasilannya dalam mendefinisikan dan mengidentifikasi ’setan’ itu sendiri yang bersifat metafisis. Tetapi menurut pandangan Aang, ”segala sifat dan tingkah laku buruk manusia adalah setan, dan bahkan setan mengalir dalam darah manusia”, ungkapnya. Sementara itu, Agus Sunyoto, dalam bandingannya menyatakan bahwa sang penulis tidak berani untuk keluar dari mainstream dalam penafsirannya, yang diduganya akan berimbas pada reaksi umat Islam mainstream. ”Berbagai tayangan irasional di televisi yang menggambarkan sosok ’maujud’ yang metafisis hanyalah hasil gambaran dan angan-angan manusia saja”, ungkapnya. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID