Prasetya Online

>

Berita UB

Bangun Karakter Perguruan Tinggi, ITS Berbagi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 03 October 2011 | Komentar : 0 | Dilihat : 3564

Pembantu Rektor III ITS Prof. Dr. Suasmoro dalam seminar pola pembinaan bidang kemahasiswaan pengalaman ITS 2007-2011
Pembantu Rektor III ITS Prof. Dr. Suasmoro dalam seminar pola pembinaan bidang kemahasiswaan pengalaman ITS 2007-2011
Untuk membangun karakter suatu perguruan tinggi dengan reputasi internasional, diperlukan partisipasi dari seluruh sivitas akademika. Baik subset mahasiswa, subset administrasi dan subset dosen harus disearahkan untuk mencapai tujuan. Hal tersebut disampaikan Prof. Dr. Suasmoro selaku Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ,Jumat (30/9), dalam acara seminar pola Pembinaan Bidang Kemahasiswaan Pengalaman ITS 2007-2011. Acara yang diselenggarakan di Ruang Jamuan Lantai 6 Universitas Brawijaya (UB) ini dihadiri oleh segenap Pembantu Dekan 3, kepala biro, Eksekutif Mahasiswa (EM), dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas.

Suasmoro menuturkan seluruh sivitas akademika perlu memahami sasaran, tujuan, dan strategi pencapaian perguruan tinggi. Ia mencontohkan di ITS sasaran strategisnya meliputi kontribusi nasional, reputasi internasional, dan transformasi organisasi. "Untuk pencapaian tujuan diperlukan lima kelompok kerja bidang kemahasiswaan yaitu softskill, technopreneurship dan student welfare, penalaran, character building, dan pengembangan minat," ujar Suasmoro. Hal tersebut untuk membangun sikap dan perilaku mahasiswa sehingga terbangun karakter yang khas sesuai tujuan perguruan tinggi.

Pembinaan kemahasiswaan diperlukan untuk memberikan mahasiswa tambahan kapasitas dirinya diluar kurikulum melalui kegiatan-kegiatan ormawa (organisasi mahasiswa) yang menjadikan mahasiswa kreatif, cerdas, amanah, komunikatif, santun, dan visioner. "Seperti yang telah diterapkan mahasiswa ITS, mereka diharapkan mampu bersaing untuk menang, adaptif terhadap lingkungan baru, dan menjadi teladan di lingkungannya," jelas Suasmoro.

Ir. H.R.B. Ainurrrasyid, MS selaku Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UB dalam sambutannya mengatakan selama 4 tahun Suasmoro menjabat sebagai PR 3 di ITS terjadi banyak perubahan yang signifikan. "Banyak prestasi yang ditorehkan ITS baik dalam tingkat nasional dan internasional," kata Ainurrrasyid. "Dalam bidang kemahasiswaan, seni, olah raga, keilmuan dan teknologi, bahkan yang menjadi kejutan adalah pada PIMNAS XXIV di Universitas Hasanuddin ITS menjadi juara umum kedua setelah UGM," papar Ainurrrasyid. "Yang paling menarik, ITS punya pola kurikulum indikator aktivitas kemahasiswaan, semoga dari acara ini kita bisa belajar banyak dari ITS," harap Ainurrrasyid. [mit/ai]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID