Prasetya Online

>

Berita UB

900 Peserta Ikuti Training Mentor PKBR UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 08 October 2013 | Komentar : 0 | Dilihat : 1544

Peserta calon mentor yang terdiri dari mahasiswa dan dosen saat menerima sesi pelatihan
Peserta calon mentor yang terdiri dari mahasiswa dan dosen saat menerima sesi pelatihan
Dewasa ini, pendidikan  karakter tidak hanya menunjukkan kepada seseorang mengenai perilaku mana yang benar maupun yang salah, akan tetapi juga sudah sepatutnya menanamkan kebiasaan dan pemahaman individu sehingga mereka nantinya dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan keluarga, pendidikan serta masyarakat. Fenomena yang terjadi di era sekarang adalah, banyaknya generasi muda yang mulai lupa akan etika dan moralitas terhadap sesamanya. Sekalipun mereka memiliki tingkatan pendidikan yang cukup tinggi. Hal inilah yang akhirnya menjadi perhatian Universitas Brawijaya (UB) terhadap polemik permasalahan-permasalahan tersebut.

Lewat kegiatan character building yang berbasis keagamaan, Minggu (6/10), UB kembali menyelenggarakan Training Mentor Pembinaan Karakter Berbasis Religi (PKBR) yang diselenggarakan di lapangan Rektorat UB.  Sebanyak 900 peserta pelatihan yang terdiri dari mahasiswa dan dosen ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Tentunya dengan tujuan untuk mempersiapkan diri menjadi calon mentor yang berdedikasi, selaras terhadap pendidikan dan agamanya.

Dr. Imam Santoso SP, MP selaku staff ahli Pembantu Rektor (PR) III UB memaparkan jika saat ini Rektor sudah menetapkan kegiatan PKBR merupakan salah satu bagian kegiatan kokurikuler bidang kemahasiswaan yang dalam proses evaluasinya telah diintegrasikan dengan beberapa syarat kelulusan mahasiswa. "PKBR menjadi kegiatan kokurikuler yang sangat strategis di bidang kemahasiswaan. Bahkan untuk kedepannya, PKBR juga menjadi bagian dari satuan kredit mahasiswa kegiatan kokurikuler kemahasiswaan yang akan dievaluasi agar bisa ditetapkan dalam SK Rektor," ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Rektor No. 452 Tahun 2013, Kegiatan PKBR sendiri merupakan kegiatan yang wajib diikuti. Karena kegiatan tersebut juga menjadi komponen penting dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa disamping pembelajaran di bidang pendidikan formal. "Kami sudah menyusun buku panduan PKBR termasuk materi yang akan diberikan kepada calon mentoring. Nantinya akan ada 10 materi pokok, tinggal menunggu pengesahannya saja dari pimpinan," tambah Prof Suyadi MS, selaku ketua pelaksana PKBR.

Acara ini juga menghadirkan pemateri-pemateri yang akan memotivasi para calon mentoring yang akan terjun langsung dalam kegiatan PKBR. Diantaranya adalah, Dr. Ahmad Jalaluddin Lc. MA (Dengan materi : Al Iman - Al Islam, Ibadah Wudhu dan Shalat, urgensi dan pelaksanaan yang benar menurut Nabi SAW), Dr. Drs. Suryadi, MS, (Pemahaman keagungan dan pengalaman Al-Quran. Mengenali diri dan etika terhadap sesama manusia), Dr. Arief Alamsyah N, MMRS, (Memahami dan meneladani akhlak Rasul SAW dan para sahabatnya), serta Prof. Dr. Sc. agr. Ir Suryadi MS (Pengantar PKBR, etika mentor dan peserta). [indra]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID